androidvodic.com

Warga Jakarta, Waspada Curah Hujan Tinggi 13-15 Januari 2022  - News

News, JAKARTA - Hujan masih akan mengguyur ibu kota di Bulan Januari 2022 ini. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memberikan imbauan terkait potensi hujan lebat di pekan ini.

BPBD DKI Jakarta ingatkan kepada masyarakat Ibu Kota adanya potensi peningkatan curah hujan di wilayah Jabodetabek, termasuk wilayah DKI Jakarta dengan durasi 13 Januari sampai 15 Januari 2022.

Imbauan tersebut disampaikan melalui akun Instagram resminya @bpbddkijakarta.

Baca juga: Satu Siswa SMPN 252 yang Positif Covid-19 Tertular dari Ayahnya, Kini Dirawat di RS Kawasan Bekasi 

Baca juga: 3 Kasus Siswa Positif Covid-19 di Jaktim, Bagaimana Nasib Pembelajaran Tatap Muka ?

Baca juga: Tak Bisa Lunasi Utang Rp 1,6 Juta, Seorang Ibu di Tangerang Disekap di Ruang Gelap 

BMKG memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia yang saat ini mengindikasikan adanya potensi peningkatan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia, termasuk wilayah Jabodetabek.

Sebagian besar wilayah Jabodetabek termasuk wilayah yang diprediksikan mengalami puncak musim hujan pada periode Januari ini.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi di wilayah Jabodetabek.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode 3 hari ke depan yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," tulis caption tersebut.

Baca juga: Gangster Bercelurit Beraksi di Kabupaten Tangerang, Incar Anak yang Asyik Main HP 

Baca juga: Varian Omicron Mengganas, PTM 100 Persen Kota Bekasi Diundur 

Warga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan, salah satunya dengan membaca buku saku "Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat" melalui tautan http://tiny.cc/bukusakusiagabanjir

Perbarui informasi mengenai Tinggi Muka Air (TMA) melalui tautan http://bpbd.jakarta.go.id/waterlevel.

Segera laporkan lokasi/titik yang berpotensi atau mengalami genangan/banjir melalui fitur JakLapor pada aplikasi JAKI.

Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt. Jika mengalami atau menemukan keadaan darurat, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112 atau menggunakan tombol darurat pada aplikasi Jakarta Aman.

Diimbau kepada seluruh warga Jakarta untuk tetap menerapkan 6M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

Baca juga: Fakta Panti Pijat di Depok Digerebek Warga, Baru Beroperasi Seminggu, Gelap Gulita Setiap Ada Tamu

Berikut perkiraan cuaca BMKG di wilayah Jabodetabek dengan potensi curah hujan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang: 

13 Januari 2022: Kep. Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

14 Januari 2022: Jakarta Utara, Bogor, dan Depok.

15 Januari 2022: Bogor, Depok

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul BPBD DKI Imbau Warga Ibu Kota Waspadai Curah Hujan Tinggi pada 13 Januari Sampai 15 Januari 2022, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat