androidvodic.com

Banjir Surut, Begini Penampakan Lumpur di Pondok Gede Permai Bekasi  - News

News, BEKASI -  Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) Jatiasih menjadi satu di antara perumahan yang dilanda banjir akibat luapan Kali Bekasi

Pantauan TribunJakarta.com, Kamis (17/2/2022) siang, banjir telah surut.

Tinggal menyisahkan lumpur yang memenuhi permukiman serta jalan.

Banjir diakibatkan luapan Kali Bekasi, di mana hulu sungai di Kali Cileungsi dan Cikeas Bogor mengalami peningkatan tinggi muka air.

Baca juga: Kali Bekasi Meluap, 11 Titik Genangan di 8 Kelurahan Terdampak Banjir 

Akibat peningkatan tinggi muka air, banjir kiriman tak terelakan dan merendam sejumlah permukiman warga dengan ketinggian mencapai hampir dua meter.

Warga setempat bernama Khaerudin (49) mengatakan, banjir mulai menggenangi permukiman warga sejak semalam sekira pukul 12.00 WIB.

"Air naik dari semalam jam 12, sampai pagi tadi masih banjir karena air Kali Bekasi meluap," kata Khaerudin.

Banjir mulai surut sejak sekira pukul 08.00 WIB, warga yang terdampak langsung melakukan pembersihan sisa lumpur di rumahnya masing-masing.

lumpur banjir PGP 2
Suasana pasca-banjir di Perumahan Pondok Gede Permai Kota Bekasi, Kamis (17/2/2022).

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, banjir kali ini terjadi di hampir setiap permukiman yang berada di aliran Kali Bekasi.

"Hampir di semua sepanjang Kali Bekasi, baik yang ada di Kali Cikeas, karena memang tadi malam itu cukup besar (banjir kiriman)," kata Tri.

Tri menyebutkan, ketinggian tanggul Kali Bekasi rata-rata enam meter sedangkan ketinggian air pada saat banjir kiriman semalam mencapai 7,5 meter.

"Ketinggian tanggul kita itu kan rata-rata 6 meter nah yang datang 7,5 meter, jadi memang sudah pasti melimpas dari ketinggian tanggul yang ada," ujar Tri.

Baca juga: Sungai Cileungsi Meluap, Perumahan Vila Nusa Indah 1 dan 2 Terendam Banjir

Baca juga: 28 RT di DKI Jakarta Tergenang Banjir, Termasuk Kampung Melayu, Cawang dan Rawa Jati 

Permukiman yang terdampak banjir di antaranya, Perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Kemang IFI, Komplek Disnaker, Perumahan Kemang Regency hingga ke hilir di perbatasan Kabupaten Bekasi.

"Sampai turun ke bawah sampai ke perbatasan di Kabupaten, Margahayu dan kemudian di Bekasi Utara," terang dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat