androidvodic.com

Korban Kebakaran Pasar Gembrong Tetap Semangat Salat Id di Dekat Posko Pengungsian dan Kolong Tol - News

News, JAKARTA - Warga korban kebakaran Pasar Gembrong, RW 01, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur mengadakan Salat Idulfitri 1443 Hijriah pada Senin (2/5/2022).

Salat Id 1443 Hijriah ini diadakan di Jalan Basuki Rachmat dekat lokasi permukiman warga yang terbakar pada Minggu (24/4/2022) dan posko pengungsian di kolong Tol Becakayu.

Tepat di sisi kiri Jalan Basuki Rachmat warga mengadakan Salat Id berada satu posko pengungsian berikut sejumlah bantuan seperti baju, dan kebutuhan logistik lainnya.

warga pasar gembrong salat Id 2
Pelaksanaan ibadah Salat Id warga korban kebakaran Pasar Gembrong di Jalan Basuki Rachmat, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (2/5/2022).

Ketua RW 01 CBU Maju Saiman Hutabarat mengatakan Salat Id ini diikuti sekitar 100 kepala keluarga (KK) meliputi 400 jiwa warganya yang masih bertahan di posko pengungsian.

"Sudah menjadi agenda kita setiap tahun dan walaupun musibah kebakaran terjadi kita tetap jalankan," kata Saiman di Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (2/5/2022).

Sejak pukul 06.00 WIB, satu per satu warga korban kebakaran yang kini harus tidur di empat tenda darurat berbondong-bondong datang ke Jalan Basuki Rachmat mengisi saf Salat Id.

Meski seluruh harta bendanya ludes terbakar dalam kebakaran hebat yang menghanguskan 400 bangunan meliputi rumah dan toko, tapi warga tetap khusyuk melaksanakan Salat Id.

"Saya selaku ketua RW dibantu donatur di Jakarta kami mendistribusikan perlengkapan Salat apabila mereka belum miliki sehingga mereka bisa mengikuti shalat Idul Fitri," ujarnya.

Baca juga: 7 Fakta Polisi Ciduk Pedagang di Tangerang yang Tertangkap Tangan Rendam Daging Ayam ke Formalin

Baca juga: PPSU Ngaku THR Dibegal Lolos Status Tersangka Laporan Palsu dan Momen Minta Maaf Cium Tangan Istri

Baca juga: Buat Geger Warga, Maling Curi 1 Kg Cabai di Pasar Citeureup dan Lukai Pedagang Pakai Gunting

Saiman atau yang karib disapa Yongki menuturkan jumlah warganya yang kini masih bertahan di posko pengungsian sudah berkurang 40 persen dibandingkan awal kejadian.

Sejumlah warga korban kebakaran meninggalkan posko pengungsian untuk tinggal di rumah kerabatnya, menyewa kontrakan baru, hingga pulang kampung untuk memulai hidup baru.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, polisi, TNI, dan masyarakat yang ingin warga Gembrong pulih sehingga kami bisa menjalani kehidupan normal," tuturnya

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Warga Korban Kebakaran Pasar Gembrong Adakan Salat Id Dekat Posko Pengungsian, Begini Suasananya, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat