androidvodic.com

Polisi Bakal Dalami Video Konvoi Motor Bawa Poster 'Khilafatul Muslimin' di Cawang - News

Laporan Wartawan News, Fandi Permana

News, JAKARTA - Polda Metro Jaya memberi tanggapan terkait aksi konvoi puluhan motor yang viral di media sosial sambil membawa poster Khilafah Islamiyah pada Minggu (29/5/2022) kemarin.

Dalam konvoi motor itu, tampak pemotor membawa atribut berupa poster hingga bendera bertuliskan 'Khilafatul Muslimin' Wilayah Jakarta Raya Sambut Kebangkitan Khilafah Islamiyah.

Dalam narasi video yang beredar, diduga konvoi itu dilakukan di Cawang, Jakarta Timur, pada Minggu (29/5/2022) sekitar pukul 09.14 WIB.

Para pemotor yang berkonvoi mayoritas mengenakan seragam warna dominan hijau. .

"Sambut Kebangkitan Khilafah Islamiyah," isi tulisan di salah satu poster yang dibawa pemotor.

"Jadilah Pelopor Penegak Khilafah Ala Minhajin Nubuwwah," tulis poster lainnya.

Menanggapi hal itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menyebut konvoi berbendara Khilafah itu tidak dibenarkan di Indonesia.

Baca juga: Sidang Munarman, Ahli Digital Forensik Temukan Kata Khilafah pada Beberapa Dokumen Barang Bukti

"Terkait dengan adanya video yang di media sosial, terkait adanya patroli kendaraan bermotor membawa tulisan Khilafah, tentu hal ini tidak dibenarkan," kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (30/5/2022).

Zulpan menyebut, kegiatan pemotor itu tidak dibenarkan secara aturan di Indonesia.

Hal itu karena Indonesia tidak menganut sistem ideologi khilafah sebagai dasar negara.

"Hal ini tidak sesuai dengan ketentuan peraturan dan juga apa yang menjadi ketentuan di dalam perundang-undangan kita bahwa bangsa Indonesia ini bukan berdasarkan Khilafah. Jadi Polda Metro Jaya tentunya akan mendalami video tersebut," katanya.

Baca juga: MUI Minta Pemerintah Tidak Berikan Stigma Negatif Makna Jihad dan Khilafah

Sebelumnya, Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Edy Surasa juga mengkonfirmasi konvoi pemotor dengan atribut Khilafah di wilayahnya.

Menurut Edy, konvoi itu merupakan rombongan kendaraan yang hendak menuju ke sebuah acara parpol di Jakarta Pusat.

"Mungkin konvoi kemarin itu ke acara nggak salah satu Partai. Kebetulan kemarin juga ada acara Partai di Senayan sana," kata Edy.

Meski begitu, Edy enggan komentar lebih jauh soal konvoi tersebut.

Pihaknya hanya spesifik berfokus pada penegakkan hukum aturan lalu lintas, sementara atribut Khilafah itu bukan ranah Satlantas untuk melakukan penindakan.

"Soal atribut mungkin lalu lintas nggak (tangani). Lalu lintas hanya menangani ketika ada kejadian kecelakaan. Kalau soal itu jajaran wilayah ya," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat