androidvodic.com

Banjir Surut, Warga Kota Bekasi Gotong Royong Bersihkan Lokasi Terdampak - News

News, BEKASI - Banjir merendam satu RT di Kelurahan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat pada Sabtu dini hari (16/7/2022) pukul 02.00 WIB. Genangan di kawasan tersebut telah surut.

Peristiwa ini terjadi setelah hujan intensitas tinggi mulai pukul 20.00 waktu setempat yang menyebabkan Sungai Cikarang Bekasi Laut (CBL) meluap dan merendam pemukiman warga yang berada di lokasi aliran sungai.

Baca juga: Hingga Sabtu Petang, Masih Ada 19 RT di Jakarta yang Terendam Banjir, Berikut Lokasinya

Hal ini turut disampaikan oleh Laurentius Laga Mukin yang merupakan Ketua Distrik Umat Katolik saat membantu warga terdampak di lokasi kejadian.

“Hujan sejak jam delapan malam, terlihat aliran air dan langsung banjir merendam pemukiman warga jam 2 pagi tadi,” ujar Laurentius di Teluk Pucung, Kota Bekasi, Sabtu (16/7/2022).

Banjir yang merendam kurang lebih 30 rumah tersebut terpantau setinggi dada orang dewasa. Terdapat kurang lebih 100 orang terdampak peristiwa ini.

Warga terdampak memilih untuk bertahan di lantai dua rumah mereka ketika banjir terjadi. Sedangkan bagi warga yang tidak memiliki lantai dua melakukan evakuasi ke rumah kerabat dekat yang tidak terendam banjir.

Adapun kondisi banjir telah surut sejak pukul 12.00 waktu setempat. Saat ini para warga gotong royong melakukan pembersihan di area pemukiman dan akses jalan yang terdampak banjir.

“Jam 12.00 tadi banjir sudah surut, saat ini kami sedang berbenah dan melakukan pembersihan bersama-sama,” tutur Laurentius.

Baca juga: Banjir di Kabupaten Garut Surut: 20 Desa Terdampak, 109 KK Mengungsi

Bantuan logistik berupa nasi bungkus turut diberikan bagi warga terdampak oleh lembaga dan organisasi daerah setempat.

Cuaca di lokasi terdampak terpantau mendung dan berawan.

Prakiraan cuaca tiga harian per 16 sampai 18 Juli 2022 yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukan Kota Bekasi didominasi cuaca berawan dan peringatan dini waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hingga menjelang malam hari di wilayah Kota maupun Kabupaten Bekasi pada 18 Juli 2022.

Banjir di Kabupaten Bekasi Berangsur Surut

Banjir juga merendam tiga kecamatan di Kabupaten Bekasi. Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat wilayah terdampak banjir berada di Kecamatan Tambun Utara (Desa Karang Satria, Satria Mekar, Sriamur dan Satria Jaya), Kecamatan Babelan (Kelurahan Kebalen, Desa Babelan Kota dan Desa Buni Nakti) serta Kecamatan Sukawangi (Desa Sukamekar).

Peristiwa yang terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi sehingga debit air Kali Bekasi meluap dan merendam 41 rumah warga dengan tinggi muka air 20 sampai 60 sentimeter pada Sabtu (16/7) pukul 13.45 WIB.

Baca juga: Pemerintah Upayakan yang Terbaik Tanggulangi Banjir Garut, Bupati: Tetap Tenang, Jangan Panik

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat