androidvodic.com

Pemkot Bogor Kecolongan, Bima Arya Tutup Bogor Mini Zoo Buntut 2 Monyet Mati Dalam Kandang  - News

News, BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya resmi tutup operasional Bogor Mini Zoo yang berlokasi di Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Penutupan pada Bogor Mini Zoo buntut dari ditemukannya dua ekor monyet yang mati di dalam kandang.

"Karena itu saya dengan pengelola minta agar ini tidak beroperasional, tidak dikunjungi dulu," kata Bima Arya saat mengunjungi Bogor Mini Zoo, Jumat (16/12/2022).

Bima Arya menjelaskan, sikap itu diambil lantaran banyak kekurangan yang ditemukan di Bogor Mini Zoo yang diketahui sudah beroperasi semenjak 2018 lalu.

Mulai dari pengelolaan, sampai perizinan yang saat ini ternyata belum dimiliki oleh Bogor Mini Zoo sendiri.

Tidak hanya itu, ada beberapa satwa yang diketahui tidak memiliki izin dan dijual belikan lewat pasar gelap Pasar Pramuka, Kota Jakarta.

"Memang saya lihat kondisinya tidak terawat dan banyak hal-hal yang tidak sesuai juga. Bahkan izinnya pun masih belum ada," jelasnya.

Baca juga: Kronologi Guru Tak Sengaja Tembak Pemetik Jengkol hingga Tewas, Awalnya Incar Gerombolan Monyet

Untuk membereskan itu semua, Bima Arya menegaskan, membentuk tim antar instansi yang juga menggandeng pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA) Jawa Barat.

Tim itu nantinya akan melakukan investigasi untuk menguak yang sebenarnya terjadi di Bogor Moni Zoo.

"Hal itu dilakukan sambil tim dari Pemkot dengan BKSDA bersama sama melakukan pendalaman terhadap kondisi disini. Apa jenis hewannya, kemudian perawatan, kondisinya bagaimana. Karena tadi juga ditemukan kura-kura yang sebetulnya dilindungi," jelasnya.

Tim yang dibentuk itu selama operasional Bogor Mini Zoo dihentikan, akan mengecek secara keseluruhan.

"Biarkan nanti tim Pemkot bersama sama tim BKSDA Jabar akan melakukan pengkajian menyeluruh sambil kita cek kelaikan sistemnya," tambahnya.

Bima Arya pun tidak menampik bahwa Pemkot Bogor merasa kecolongan atas hadirnya Bogor Mini Zoo.

Dirinya merasa, bahwa hal ini menjadi pembelajaran dan evaluasi Pemkot Bogor agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Ini saya sayangkan juga. Harusnya bisa terdeteksi lebih awal. Jadi evaluasi juga buat Pemkot. Hal yang seperti ini diawasi," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul Buntut Monyet Mati di Dalam Kandang, Wali Kota Bogor Bima Arya Tutup Bogor Mini Zoo, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat