androidvodic.com

Jokowi Puji Heru Budi Mampu Kerjakan Proyek Sodetan Ciliwung yang 6 Tahun Mangkrak - News

Laporan Reporter News,  Reza Deni

News, JAKARTA -  Presiden Jokowi memuji Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang telah melakukan pembebasan lahan untuk proyek Sodetan Ciliwung-Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur

"Saya juga kaget dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru. Saya enggak tahu pendekatannya apa tapi selesai. Makanya saya ke sini tadi karena sudah selesai," kata Jokowi setelah meninjau sodetan, Selasa (24/1/2022).

Pembebasan lahan, dikatakan Jokowi, telah dilakukan selama enam bulan.

Baca juga: Jokowi: Insya Allah Sodetan Kali Ciliwung Selesai April Ini yang Sudah Berhenti Enam Tahun

Usai itu, Jokowi mengatakan proses kembali dilanjutkan dan target rampung April 2023 mendatang.

"Ini akan mengurangi banyak sekali lahan genangan, lahan banjir yang ada di Jakarta karena ini dari Sungai Ciliwung," kata dia.

Jokowi mengatakan jika sudah dibuka sodetan ini akan mengurangi 33 meter kubik saat statusnya siaga 4.

"Kemudian kalau pada siaga 1, 63 meter kubik per detik. Gede sekali, karena terowongan ini salurannya ini 3,2 meter dua. Kanan 3.2 meter, kiri terowongannya 3,25 meter, sepanjang 1,3 kilometer," kata Jokowi.

Jokowi meyakini Sodetan Ciliwung ini akan berfungsi untuk mengurangi banjir.

Kini tinggal urusan pompa yang ada di sungai-sungai di sekitaran Jakarta serta normalisasi sungai-sungai sekitarnya yang akan dibereskan.

"Normalisasi Ciliwung, normalisasi sungai-sungai yang ada kali Pesanggrahan, Kali Angke, Kali Cipinang, dan kali-kali yang lainnya juga harus dinormalisasi kalau kita ingin Jakarta tidak banjir," kata dia.

"Plus yang di utara, banjir rob baik dengan tanggul laut maupun dengan giant sea wall itu juga harus segera dimulai," kata Jokowi melanjutkan.

Sebagai informasi, sodetan Kali Ciliwung membentang dari titik masuknya air (inlet) di Bidara Cina di Jakarta Timur dan tempat keluarnya air (outlet) di Kebon Nanas di Jakarta Timur.

Pembangunan sodetan itu ditargetkan rampung pada April 2023.

Sodetan Kali Ciliwung ini disebut mampu mengurangi 60 meter kubik air per detik.

Pada 1 Desember 2022, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan progres pembangunan sodetan Kali Ciliwung mencapai 62 persen.

Pembangunan sodetan dan normalisasi sungai ini diharapkan bisa mengurangi banjir yang kerap melanda Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat