androidvodic.com

Polisi Sebut RS Oplos Gas Elpiji di Kandang Ayam Belakang Pangkalannya - News

Laporan wartawan News, Fahmi Ramadhan

News, JAKARTA - Polres Metro Jakarta Selatan menyatakan RS (46) melakukan pengoplosan tabung gas elpiji berbagai ukuran di sebuah kandang ayam yang ada di belakang pangkalan tabung gas miliknya.

"Jadi kegiatan penyuntikan (pengoplosan) itu di dalam kandang ayam berukuran satu petak. Jadi disuntiknya disitu," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Irwhandy kepada wartawan, Kamis (11/5/2023).

Dijelaskan Irwhandy, adapun lokasi kandang ayam itu telah berada di belakang pangkalan gas elpiji yang dimiliki tersangka di wilayah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

"Ya (betul) di tempat usahanya," jelasnya.

Dijelaskan Irwhandy RS telah melakukan praktik oplos gas elpiji itu selama lima tahun belakangan ini.

Irwhandy pun menjelaskan, terungkapnya praktik itupun berdasarkan laporan dari masyarakat yang mengetahui adanya praktik oplosan gas tersebut.

"Jadi dia memang menyamarkan tempat kegiatan penyuntikan itu di kandang ayam. Jadi ada masyarakat yang melapor," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Jajaran Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan berhasil mengungkap praktik oplosan isi tabung gas elpiji berbagai ukuran yang dilakukan oleh seorang tersangka berinisial RS (46) di wilayah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Irwhandy mengatakan, kejadian itu berhasil pihaknya ungkap pada 8 Mei 2023 lalu.

"Adapun modus operandi yang bersangkutan adalah mengoplos ataupun memindahkan isi dari tabung gas subsidi 3 kilogram ke gas non subsidi dengan ukuran 12 kilogram dan 5,5 kilogram," ucap Irwhandy dalam konferensi pers di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (11/5/2023).

Sementara itu Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Henrikus Yossi, RS yang sehari-hari berprofesi sebagai penjual tabung gas itu melakukan pengoplosan untuk menambah keuntungan.

Mengenai cara yang dilakukan, Yossi menjelaskan, untuk ukuran tabung 5,5 kilogram, RS menggunakan 2 tabung gas elpiji berukuran 3 kilogram untuk dioplos isinya ke dalam gas ukuran 5,5 kilogram.

Baca juga: Polisi Berhasil Ungkap Praktik Oplos Tabung Gas Elpiji Berbagai Ukuran di Kebayoran Lama

"Sedangkan untuk pengoplosan tabung 12 kilogram, membutuhkan empat tabung 3 kilogram melon atau yang berwarna hijau," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat