androidvodic.com

LRT Jabodebek Jalani Uji Coba Terbatas Mulai Besok Sampai 15 Agustus 2023 - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA -  Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal menyatakan, uji coba Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek akan dilaksanakan mulai Rabu (12/7/2023) besok. "Berdasarkan kesepakatan dalam rapat, telah diputuskan mulai besok tanggal 12 sampai 15 Agustus 2023 akan dilakukan uji coba operasional terbatas," kata Risal Wasal dalam keterangannya, Selasa (11/7/2023).

Risal menjelaskan, keputusan itu diambil setelah menerima surat permohonan pelaksanaan uji coba operasional terbatas yang disampaikan oleh Direktur Utama KAI kepada Direktur Jenderal Perkeretaapian.

Uji coba dilakukan setelah mendapatkan rekomendasi safety assessment dari Siemens dan konsultan pengawas proyek pembangunan LRT Jabodebek.

Risal menambahkan, dalam uji coba terbatas nanti, selain menguji coba pengoperasian LRT, juga sekaligus dilakukan uji coba terkait sistem pembayaran dan integrasi antarmoda di masing-masing stasiun yang dilewati.

"Kami telah berkoordinasi dengan BPTJ dan jajaran Dinas Perhubungan baik di DKI Jakarta, Depok, dan Bekasi terkait dengan penyiapan angkutan lanjutan seperti Bus Transjakarta, Jak Lingko, angkot, KRL, Kereta Cepat, dan lain sebagainya," ungkapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyampaikan, uji coba dilakukan untuk memperkenalkan dengan mengajak masyarakat agar merasakan pengalaman baru menggunakan LRT Jabodebek.

"Untuk itu, aspek keselamatan dan keamanan perjalanan LRT Jabodebek menjadi perhatian utama kami sebelum dimulainya uji coba terbatas besok," ucap dia.

Baca juga: Uji Coba LRT Jabodebek Dibuka Senin Besok, Tarif Rp 1 Kuota Harian 600 Orang, Ini Cara Daftarnya

Ia mengatakan, uji coba operasional terbatas akan dilakukan secara bertahap, yaitu tahap pertama mulai 12 Juli 2023 sampai 26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari Kementerian/Lembaga, jurnalis/media, dan komunitas.

Selanjutnya, pada tahap kedua mulai 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

Baca juga: Cara Ikut Uji Coba LRT Jabodebek, Begini Cara Daftarnya

Uji coba operasional terbatas akan dimulai pukul 08.00 s.d 12.30 WIB dengan jumlah 4 perjalanan KA per hari, yang akan melayani 3 lintas, yaitu lintas Cawang-Dukuh Atas, Cawang-Harjamukti dan Cawang-Jatimulya. Dalam sehari, ditargetkan jumlah penumpang LRT maksimal 600 penumpang undangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat