androidvodic.com

Viral Mobil Polantas Nyelonong ke Rombongan KTT ASEAN, IPW: Dirlantas Polda Metro Layak Ditegur! - News

News, JAKARTA - Video viral mobil patroli lalu lintas Ditlantas Polda Metro Jaya yang nyelonong ke barisan iring-iringan mobil delegasi KTT ASEAN 2023 dari Laos saat melintas di kawasan bundaran Semanggi, Jakarta, memicu keprihatinan Indonesia Police Watch (IPW).

IPW secara tegas meminta agar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegur keras Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman yang dinilainya tak mampu mengendalikan anak buahnya karena hampir menyerempet iring-iringan mobil delegasi KTT ke-43 ASEAN dari Laos tersebut.

Seperti yang diunggah oleh akun Twitter @MurtadhaOne1 pada Kamis (7/9/2023) kemarin.

Di dalam video, lokasi mobil patroli yang hampir menyerempet itu berada di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan.

"Ketidakbecusan dan kelalaian Dirlantas Polda Metro Jaya itu terlihat pada tayangan yang viral di media sosial pada Kamis, 7 September 2023, saat delegasi Laos yang dengan pengawalan ketat, diterobos mobil patroli dari Polda Metro Jaya dan hampir menyerempet rombongan tamu negara," ujar Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso, dalam keterangannya, Jumat (8/9/2023).

Sugeng menambahkan, kejadian di Kolong Semanggi pada Rabu (6/9/2023) itu semestinya tak terjadi jika Dirlantas Polda Metro Jaya dan seluruh jajarannya mematuhi standar operasional prosedur (SOP).

"Yang diberlakukan untuk pengamanan KTT ASEAN ke-43. Pasalnya, jalur peserta delegasi KTT ASEAN harus kosong dan steril. Sehingga, setiap kendaraan di pertigaan diberhentikan," kata dia.

Hal ini, ujar Sugeng, sesuai dengan Siaran Pers Tim Komunikasi Dan Media KTT Ke-43 ASEAN 2023 bernomor: 03/SP/TKM-ASEAN2023/INA/8/2023 tentang Korlantas Polri Siapkan Pengawalan rute delegasi KTT ke-43 ASEAN 2023 yang meminta para perwira pengendali harus mengetahui semua rute yang akan dilalui oleh para delegasi KTT ASEAN.

Baca juga: Viral Video Mobil Patroli Terobos Rombongan KTT ASEAN, Polda Metro: Tidak Ada Hukuman, Sudah Ditegur

"Menurut Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan, standar pengamanan rute yang pertama, satu roda empat dan dua roda dua setiap tamu negara. Adapun rute yang disiapkan berkoordinasi dengan Paspampres," kata Sugeng.

Oleh karenanya, IPW meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mengusut masuknya mobil patroli dari Polda Metro Jaya yang menerobos jalur rombongan delegasi Laos.

Baca juga: Mobil Polantas Hampir Serempet Delegasi KTT ASEAN di Semanggi, Polda Metro Sebut Faktanya

Serta menegur keras Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman dan memberikan sanksi kepada pengemudinya yang arogan dengan menerabas SOP yang ada.

"Hal ini sangat memalukan Indonesia di dunia internasional karena viralnya peristiwa tersebut tayang di dunia maya dan menurunkan citra Polri di masyarakat," tambah Sugeng.

Laporan reporter Ramadhan LQ | Sumber: Warta Kota

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat