androidvodic.com

1.400 Aparat Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi Bela Palestina di Depan Kedubes AS - News

News, JAKARTA - Sebanyak 1.400 personel gabungan dikerahkan mengamankan aksi bela Palestina di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2024).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Condro Purnomo mengatakan nantinya ribuan personel itu akan disebar di sejumlah titik.

"Kami mengerahkan ribuan personel gabungan pada hari ini, bertepatan dengan 100 hari genosida Gaza. Kegiatan ini digelar di Jalan Medan Merdeka Selatan tepatnya di depan Kedubes Amerika Serikat," ujar Susatyo saat dihubungi, Sabtu (13/1/2024).

Adapun ribuan personel itu terdiri dari TNI-Polri serta unsur kemananan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Lebih lanjut Susatyo menjelaskan bahwa diturunkannya ribuan personel tersebut guna mengantisipasi adanya gangguan ketertiban umum.

"Pengamanan akan di fokuskan di sekitaran Kedubes AS, Istana, Patung Kuda, Bundaran Hotel Indonesia dan lapangan banteng," pungkasnya.

Sebelumnya, Ribuan orang dari Majelis Ormas Indonesia (MOI) mulai memadati area depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2024).

Ribuan orang itu menggelar aksi dalam rangka peringatan 100 hari genosida yang dilakukan militer Israel di Gaza Palestina.

Berdasarkan pantauan News massa mulai memadati area Kedubes AS sekira pukul 06.30 WIB pagi.

Mereka tampak mengenakan pakaian serba hitam dan putih saat menyuarakan kebebasan Palestina dari penyerangan yang dilakukan tentara Israel.

Baca juga: Pengacara Afrika Selatan di ICJ: Niat Genosida Israel Terlihat Jelas dari Serangan Militer Dilakukan

Selain itu ribuan orang itu juga membawa berbagai atribut seperti syal, membentangkan bendera Palestina dan Indonesia serta poster bertuliskan kecaman terhadap serangan Israel.

Seruan-seruan lagu perjuangan juga terus dinyanyikan oleh grup nasyid yang turut hadir dalam agenda tersebut.

Sementara itu imbas adanya aksi dari ribuan orang itu, Jalan Medan Merdeka Selatan pun ditutup dari akses arus lalu lintas di kedua arahnya.

Tak hanya itu guna mengamankan jalannya aksi ratusan personel kepolisian pun tampak berjaga di depan Kedubes AS.

Adapun acara bela Palestina kali ini bertajuk 'Stop The War On Gaza' 100 Hari Genosida Gaza.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat