androidvodic.com

Pengamat Soroti Kebijakan Pemprov DKI Bangun Rusun Baru bagi Warga Eks Kampung Bayam - News

News, JAKARTA - Sebagai solusi warga eks Kampung Bayam, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal membangun rumah susun baru di Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada 2025.

Mahasiswa Magister Analisis Kebijakan Publik Universitas Indonesia, Ramadhan, mengatakan relokasi itu sebagai solusi bagi warga eks Kampung Bayam yang dulu menempati di komplek Jakarta International Stadium (JIS).

"Solusi yang ditawarkan Pemprov DKI saya kira cukup masuk akal,” kata Ramadhan dalam keterangannya pada Sabtu (27/1/2024).

Rencana penataan kota sebagai bagian dari rencana pembangunan satu daerah sesudah dikonsultasikan dan dimusyawarahkan dengan masyarakat yang terkena dampak dari pembangunan penataan kota tersebut.

“Ini ada transisi kepemimpinan, jadi memang ada beberapa hal terlewat yang menyebabkan terjadinya perselisihan antara warga, baik dengan Pemprov DKI maupun dengan JakPro selaku pengelola. Kalau terjadi deadlock, maka sebaiknya harus ada solusi," ujarnya.

Dia menilai permasalahan ini sebetulnya sudah banyak dimediasi dan diupayakan penyelesaian

Sebagian warga sudah pindah di tempat relokasi yang sudah ditentukan oleh Pemprov DKI, sementara sebagian yang lain memilih tetap bertahan.

Rama meminta para stakeholders untuk tetap objektif dalam menangani permasalahan ini, karena menyangkut kehidupan sejumlah warga eks Kampung Bayam.

“Yang perlu diwaspadai itu jika ada oknum di luar warga eks Kampung Bayam yang berkepentingan untuk menempati rusun tersebut,” tambahnya.

Duduk perkara konflik

Konflik Kampung Bayam kembali mengemuka setelah Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berencana membangun rumah susun (rusun) baru di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menurut Heru, pembangunan rusun bagi warga Kampung Bayam tersebut akan dimulai tahun depan.

"Pemerintah daerah akan membangun rumah susun (rusun) di sekitar Kecamatan Tanjung Priok. Pada tahun 2025, kami akan bangun," ujar Heru, diberitakan Kompas.com, Kamis (25/1/2024).

Rencana ini mendapatkan protes dari warga Kampung Bayam. Pasalnya, mereka dijanjikan menempati hunian Kampung Susun Bayam (KSB) yang kini sudah berdiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat