androidvodic.com

Irjen Karyoto Siapkan Skema Pengamanan di Jakarta saat Ditinggal Mudik Lebaran Warganya - News

News, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto telah menyiapkan skema pengamanan khususnya di Jakarta dan sekitarnya saat musim mudik Lebaran 2024.

Dia menjelaskan skema pengamanan tidak akan jauh berbeda dengan apa yang sudah dilakukan pada tahun lalu.

"Karena apa, Jakarta ini kan banyak ditinggalkan oleh masyarakat yang akan melakukan perayaan Lebaran, pulang kampung, mudik. Ada yang ke Sumatera, Banten, Bogor, Sukabumi, Jawa Barat, dan Jawa Timur," kata Karyoto dalam keterangannya, Sabtu (23/3/2024).

Pertama, dia mengatakan setiap Polsek hingga Polres jajarannya membuka layanan penitipan kendaraan untuk masyarakat yang akan pulang ke kampung halamannya.

Hal ini untuk mengantisipasi adanya pencurian kendaraan bermotor selama musim mudik Lebaran.

"(Penitipan) manajemennya akan lebih bagus. Jangan sampai masyarakat yang pulang kampung, menitipkan di kantor polisi malah tidak aman," ucapnya.

Selanjutnya, Karyoto mengatakan akan menguatkan sistem keamanan lingkungan.

Sementara pihak kepolisian akan patroli untuk mengawasi rumah-rumah kosong yang ditinggalkan pemiliknya.

"Kami dari petugas hanya akan melakukan patroli, diintensifkan. Ya kita bisa melihat memang namanya pencurian ada niat tidak baik pasti sudah gambar-gambar (situasi)" jelasnya.

Baca juga: Menanti Kejutan Kapolda Metro Irjen Karyoto di Kasus Firli Bahuri yang Tak Kunjung Ditahan

Di sisi lain, pengaturan arus lalu lintas bagi kendaraan yang akan keluar dari Jakarta juga disebut Karyoto sudah disiapkan oleh jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya.

Dia hanya meminta kepada masyarakat untuk menyiapkan keamanan untuk dirinya saat mengemudi.

"Kalo mau mudik, mudiklah yang baik dengan persiapan yang baik. Kendaraan yang sehat, roda-roda jangan sampai gundul ya," ucapnya.

"Dan tentunya dengan program pak Jokowi, tol yang luar biasa, mungkin kepadatan sudah bisa terurai lebih dari tahun yang lalu. Kalau tahun yang lalu kita dapat apresiasi masyarakat. Mudah-mudahan tahun ini bisa mempertahankan dan bisa lebih baik, lebih lancar, dan yang paling penting, jangan sampai kecelakaan lalu lintas lebih tinggi dari tahun yang lalu," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat