androidvodic.com

93 Mahasiswanya Jadi Korban Ferienjob ke Jerman, UNJ Beberkan Kronologis Teken MoU dengan PT SHB - News

News, JAKARTA- Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi korban kasus dugaan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) berkedok program magang Ferienjob ke Jerman yang diselenggarakan PT. SHB dan CV-Gen di tahun 2023.

Sebanyak 93 mahasiswa UNJ bahkan sudah sempat berangkat pada 2 Oktober 2023.

Melalui keterangan resmi, UNJ mengatakan program ini diterima karena sejalan dengan prinsip UNJ sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang selalu berkomitmen mensukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Termasuk demi capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi yang berdaya saing.

UNJ juga memiliki Program Internasionalisasi dalam Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Tahun 2020 – 2045 dan Rencana Strategis Bisnis (RSB) Tahun 2020 – 2024.

Pada Program Internasionalisasi UNJ, salah satu turunan kegiatannya adalah Magang Internasional. Pada bulan Februari 2023, UNJ kedatangan sosok SS yang merupakan dosen di salah satu perguruan tinggi di Provinsi Jambi dan timnya untuk menawarkan Program Magang Internasional ke Jerman.

SS mempresentasikan program ini kepada pihak UNJ dengan mengajak dua pihak lainnya. Yaitu PT. SHB dan CV-Gen.

Ketiganya meyakinkan UNJ bahwa PT. SHB adalah perusahaan yang sudah berbadan hukum berdasarkan nomor AHU-02200096.AH.11 tahun 2021 dan Program Magang Internasional di Jerman ini menurut pihak mereka diakui oleh Pemerintah Jerman dan Indonesia.

Baca juga: Polri Pastikan Ribuan Mahasiswa Korban TPPO Modus Magang di Jerman Sudah Dipulangkan

"Bahkan SS, PT. SHB dan CV-Gen menyampaikan jika Program Magang Internasional di Jerman ini sudah diikuti oleh banyak Perguruan Tinggi di Indonesia sebelum UNJ," tulis keterangan UNJ.

Pihak SS menyebut program ini bahkan sukses diterapkan di Universitas Binawan.

"Saat ditanyai mengenai apa benar ini program magang, SS, PT. SHB dan CV-Gen menyatakan dan menjamin bahwa ini adalah program magang yang dilakukan selama 3 bulan," tulis pihak UNJ lagi.

Karena semangat untuk mendukung dan mensukseskan MBKM, Program Internasionalisasi UNJ dan pencapaian IKU 2, yaitu Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus, serta indikator World University, maka tanggal 19 Mei 2023 dilaksanakan seminar Program Magang Internasional di Jerman di lantai 8 Gedung Syafe’i.

Ketiga narasumber yaitu SS, ER selaku Director of SHB, dan SM dari Jerman yang merupakan mahasiswa alumni Program Magang Internasional di Jerman tahun 2022 datang memaparkan program ini.

SM diminta pihak SHB memberikan testimoni pengalaman magang di Jerman.

Baca juga: 1.047 Mahasiswa Jadi Korban TPPO Modus Magang ke Jerman, BP2MI Minta Pelaku Diberi Efek Jera

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat