androidvodic.com

Pemudik Sepeda Motor yang Membawa Barang atau Orang Berlebih akan Diminta Polisi Putar Balik - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan memutar balik pemudik sepeda motor yang membawa barang atau orang berlebih.

Hal ini untuk mengantisipasi kerawanan kecelakaan lalu lintas akibat pelanggaran tersebut.

"Kita mengingatkan, ya mungkin itu akan kita putar balik untuk memperbaiki dulu bawaannya, untuk yang lebih muatannya (berlebih) akan kita ingatkan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman dalam keterangannya, Sabtu (30/3/2024).

Latif mengatakan pihaknya lebih mengedepankan tindakan represif edukatif dibandingkan proses penilangan terhadap para pelanggar di masa mudik Lebaran 2024.

Baca juga: Jelang Arus Mudik Idulfitri 1445 Hijriah, Jalan Tol Cipali Diperbaiki dan Ditambah Lajur

"kita akan lakukan kegiatan represif edukatif, di mana pelanggaran itu harus ditindak, tapi tentunya tindakan yang edukatif ya," ucapnya.

"Diharapkan betul-betul kalau mereka (pemudik) sekecil apapun pelanggaran pasti akan kita lakukan penindakan, tindakan itu kan sekali lagi tindakan itu bukan berarti harus tilang," sambungnya.

Imbau Ikut Mudik Gratis

Polri mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik Lebaran 2024 menggunakan sepeda motor.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko lebih menyarankan masyarakat untuk bisa memanfaatkan program-program mudik gratis salah satunya digelar Polri.

"Polri mengajak masyarakat bagi yang akan melakukan mudik terutama yang menggunakan roda dua agar mendaftar mudik gratis Polri," kata Trunoyudo dalam keterangannya, Kamis (21/3/2024).

Hal ini diminta Trunoyudo guna meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas yang bisa berujung pada hilangnya nyawa.

"Ini untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas dan agar mudik lebaran dan arus balik dapat berjalan dengan lancar dan aman," ucapnya.

Meski begitu, jika masyarakat tetap ingin mudik menggunakan sepeda motor, agar tetap memperhatikan sejumlah hal terkait keselamatan.

Baca juga: SPKLU di Tol Trans Jawa Makin Banyak, Berbekal Rp 70.000 Bisa Mudik Bawa Neta V Jakarta-Cirebon

"Cek kondisi fisik dan kendafaan yang akan digunakan hingga menyiapkan perlengkapan pendukung dalam menggunakan kendaraan roda dua," ungkapnya.

193 Juta Masyarakat Diprediksi Akan Mudik

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat