androidvodic.com

Petugas Damkar Gunakan Robot untuk Menangani Kebakaran Gudang Peluru - News

News, BOGOR - Robot digunakan petugas pemadam kebakaran (damkar) untuk proses pemadaman api di titik ledakan gudang peluru Bekasi, Sabtu (30/3/2024) malam.

Penggunaan bantuan robot tersebut untuk meminimalisir risiko terhadap para personel.

Kadis Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan mengatakan, penanganan pemadaman ini mendapatkan perlakukan secara khusus.

"Jadi memang untuk mengalihkan risiko terhadap personel kita menggunakan dua unit robotik.

Nah itu jangan sampai risiko, karena kan ini masuk ke gudang peluru yang memang SOP-nya harus penanganan khusus," kata Satriadi di lokasi tadi malam.

Baca juga: Benda-benda Berbahaya Terlempar Masuk di dalam Rumah Jadi Kekhawatiran Warga Sekitar Gudang Peluru

Unit robotik tersebut bisa dioperasikan jarak jauh hingga 500 meter oleh operator.

Robot tersebut dilengkapi dengan kamera canggih yang bisa membaca titik api sehingga untuk medan khusus seperti gudang peluru itu, personel damkar dapat melakukan pemadaman tanpa harus mendekat ke titik api tersebut.

"Saya tadi lihat posisi amannya ada 200 meter dari gudang.

Jadi anggota masih bisa menggerakaan (robot) dengan 200 meter itu. Karena di robot itu ada kameranya juga, terlihat juga kondisinya seperti apa," bebernya.

Dinas Gulkarmat DKI Jakarta juga mengerahkan beberapa unit mobil pompa lainnya.

3 Mobil Pemadam Kebakaran Dikerahkan

Komandan Pleton B Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Bekasi, Haryanto mengatakan pihaknya menerjukan armada pemadan ke lokasi.

Ada sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi.

Pemadaman dilakukan dengan berkoordinasi dengan pihak Yon Armed, ledakan masih terjadi karena objek yang terbakar merupakan gudang peluru.

"Koordinasi dengan pihak Yonarmed, kita masih belum berani masuk karena masih banyak ledakan-ledakan peluru," terangnya, dikutip dari TribunJakarta.com. (Tribun Jakarta/Pebby Adhe Liana)

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Ledakan Terjadi Berkali-kali, Damkar Pakai Bantuan Robot Padamkan Api di Gudang Peluru Bekasi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat