androidvodic.com

Tak Hanya Pemudik, Stasiun Pasar Senen Diserbu Gen-Z Belanja Thrifthing Hasil Uang Lebaran - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, tak hanya diramaikan oleh para pemudik, tapi juga kaum gen-z yang memanfaatkan uang angpao alias THR lebaran mereka dengan belanja pakaian bekas pakai (thrifting), di Pasar Senen.

Pantauan News, di tengah-tengah keramaian para pemudik yang datang dan akan pergi, terlihat puluhan lebih pemuda yang tergolong kaum gen-z berjalan ke loket pembelian tiket KRL Commuter Line. Sebagian juga ada yang baru tiba di kawasan Pasar Senen untuk berbelanja.

Mereka berjalan berkelompok, masing-masing kelompok kurang lebih berisi sekira tiga hingga tujuh orang. Hampir semuanya menenteng plastik kresek hitam berisi pakaian-pakaian yang telah mereka beli di pasar.

Diketahui, ada beberapa tempat di sekitar Stasiun Pasar yang menjadi lokasi penjualan pakaian bekas, di antaranya Pasar Senan dan Pasar Poncol. 

Baca juga: Menhub Sambut Baik Keputusan WFH Bagi ASN Cegah Kemacetan saat Arus Balik Lebaran 2024

Tubagus (17), warga Rangkasbitung, Lebak, Banten yang baru saja berbelanja ke Pasar Senen bersama empat kawannya, Firdaus (16), Andika (15), dan Restu (15).

Saat ditemui sekira pukul 18.00 WIB, Tubagus mengaku sengaja datang ke Pasar Senen untuk belanja pakaian untuk memanfaatkan uang angpao lebarannya.

Ia mengungkapkan, berangkat dari Rangkasbitung pukul 10.00 WIB pagi dan baru selesai berbelanja pada Sabtu sore.

"Ini Rp200 ribu lebih sih dapat 2 pasang. Kemeja dan jaket," ucap Tubagus pada Sabtu (13/4/2024).

Sedangkan, dua di antara beberapa teman Tubagus, yakni Andika dan Firdaus, sama-sama membeli jaket berjenis hoodie.

Baca juga: Sejumlah Alasan Warga Pilih Liburan Lebaran ke Pantai Ancol, Ekonomis hingga soal Fasilitas

Andika mengaku mendapatkan angpao lebaran sebanyak Rp450 ribu. Ia membeli jaket itu dengan harga Rp160 ribu. Kemudian, Firdaus dengan harga Rp150 ribu.

Tak hanya kelompok mereka, wartawan News juga sempat berbincang dengan Reza (18), warga Bogor, Jawa Barat yang thrifting di Pasar Senen bersama enam orang kawannya.

"Udah direncanain jauh-jauh hari (ingin belanja ke Pasar Senen). Abis dapat THR. Barangnya murah-murah," ungkap Reza.

Reza mengaku, mendapatkan angpao lebaran sebanyak Rp250 ribu.

"Lumayan dapat 4 barang. Baju 2, celana 2," ungkap Reza.

Sebagai informasi, PT Kereta Api Indonesia Persero memprediksi puncak arus balik pemudik ke Jakarta dimulai tanggal 13, 14, 15 April 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat