androidvodic.com

Irjen Karyoto dan Jajaran Salat Iduladha di Polda Metro Jaya, Eks Menag Lukman Hakim Jadi Khatib - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti 

News, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto bersama jajaran menggelar salat Iduladha yang digelar di Stadion Presisi Polda Metro Jaya pada Senin (17/6/2034).

Adapun pantauan News, kegiatan salat itu dilaksanakan sekitar pukul 06.45 WIB. Karyoto terlihat menggunakan baju koko berwarna putih dan peci hitam.

Karyoto terlihat dikawal dan langsung masuk ke lokasi salat, dan duduk di shaff terdepan. Terlihat pelaksanaan salat Iduladha berlangsung secara  khusuk dan khidmat. 

Baca juga: Airlangga hingga Akbar Tandjung Salat Iduladha 1445 H di Masjid DPP Golkar

Pelaksanaan salat Id tersebut dipimpin oleh Ustaz Muhammad Taufiq, sedangkan khotibnya dibawakan oleh Mantan Menag Lukman Hakim Saifuddin. 

Adapun tema khotbah sendiri yaitu 'Menjaga Kemanusiaan, Kemaslahatan, dan Kesepakatan Bersama Adalah Inti Ajaran Islam'.

Pemerintah menetapkan tanggal 1 Zulhijjah 1445 Hijriah jatuh pada esok hari, Sabtu (8/6/2024).

Penetapan ini dilakukan setelah Pemerintah melakukan sidang Isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, pada hari ini, Jumat (7/6/2024).

Kementerian Agama sebelumnya telah melakukan pengamatan hilal di 114 titik pada seluruh Indonesia.

"Disepakati tanggal 1 Zulhijjah 1445 Hijriah jatuh pada hari Sabtu tanggal 8 Juni 2024. Hari Raya Idul Adha, Senin 17 Juni 2024," ujar Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, pada hari ini, Jumat (7/6/2024).

Berdasarkan ketetapan ini, maka Hari Raya Idul Adha jatuh pada 17 Juni 2024.

Baca juga: Gelar Salat Iduladha 1445 H, Ribuan Jemaah Padati Masjid Al Azhar Kebayoran Baru

Seperti diketahui, hilal awal Dzulhijjah 1445 H telah teramati pada beberapa wilayah Indonesia pada hari Jumat 7 Juni 2024.

Menurut kriteria baru MABIMS, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Kriteria ini merupakan pembaruan dari kriteria sebelumnya, yakni 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapat masukan dan kritik.

Tinggi hilal antara 7 derajat sampai 10 derajat. Tinggi hilal sudah jauh di atas kriteria MABIMS seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Masjid Agung Al-Azhar Laksanakan Salat Iduladha Minggu 16 Juni 2024 Besok, Ini Alasannya

Jadi untuk wilayah Indonesia tanggal ini. Di dunia luar biasa 7 derajat, 8 derajat, 9-11 derajat. Lalu semakin ke Barat semakin tinggi.

Sehingga kalau tadi digabungkan kadi kriteria MABIMS. Maka di seluruh wilayah NKRI ini posisi hilal sudah masuk kriteria. Hilal mungkin bisa diamati.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat