androidvodic.com

Pernah Duet Jadi Wagub, Begini Analisis Sandiaga Uno Soal Kans Anies Menang di Pilkada Jakarta - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Politikus Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP) Sandiaga Salahuddin Uno berpendapat, posisi Anies Baswedan sebagai incumbent akan membuatnya berpeluang menang jika maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di DKI Jakarta.

Sebab, keberlanjutan menjadi tema besar pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Jadi Pak Anies sangat diuntungkan dengan tema keberlanjutan ini, dan kalau misalnya dia bisa mengusung tema keberlanjutan ini maka akan mendapatkan limpahan suara dari yang ingin melanjutkan pemerintahan ini," kata Sandiaga Uno kepada wartawan di Aula At-Taqwa Sriwijaya, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2024).

Selain Anies Baswedan, Sandiaga juga turut menyinggung Khofifah sebagai seorang petahana yang kembali mencalonkan diri untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Khofifah sendiri resmi diusung kembali menjadi calon gubernur (Cagub) Provinsi Jawa Timur.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2024).
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2024). (News/Danang Triatmojo)

"Semua incumbent menurut saya seperti Bu Kofifah di Jawa Timur, Pak Ridwan (Kamil) di Jabar, Pak Anies pasti memiliki posisi yang diuntungkan karena mereka kan adalah incumbent," ujar Sandiaga

Meski begitu, Sandiaga berharap kontestasi politik pada Pilkada ini berjalan damai sejalan dengan tema keberlanjutan di era pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Jadi karena tema nasional keberlanjutan ini juga nanti akan dilanjutkan. Mudah-mudahan nanti para pimpinan Parpol bisa merumuskan pola pasangan yang kita harapkan Pilkada ini tentunya sejuk, damai, rukun dan bukan jadi Pilkada yang panas," sambungnya.

Sebelumnya Anies Baswedan diketahui menyatakan secara tegas dirinya siap meneruskan periode kedua kepemimpinan di Jakarta. Anies juga telah menerima pinangan dari PKB DKI, dan saat ini tengah komunikasi intensif dengan PDI Perjuangan.

“Ya, jadi saya menerima kepercayaan dari PKB, nah karena itu saya sampaikan bismillah kami bersiap untuk meneruskan ke periode kedua,” tegas Anies di kawasan Masjid Raya Pondok Indah, Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Baca juga: Gerindra Ragukan Anies Dapat Tiket Maju Cagub Jakarta, Ini Respons PKB dan PAN

Anies menyatakan, keputusan dirinya mantap maju kembali di Pilgub DKI Jakarta datang dari banyaknya aspirasi warga, buruh pekerja, para guru, hingga aktivis lokal yang bertandang ke kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Mereka menyampaikan keluhan, aspirasi hingga keinginan terkait kesetaraan kesejahteraan di Jakarta.

Anies pun merasa aspirasi masyarakat ini menjadi pendorong, atau ia sebut sebagai pulling factor atau faktor yang membuat dirinya berkeinginan lagi memimpin Jakarta.

Baca juga: Ucapan Kaesang Berubah 180 Derajat, Dulu Ingin Duet dengan Anies, Sekarang Beri Pernyataan Berbeda

“Hampir tiap hari warga datang ke tempat kami, hampir tiap hari. Dari berbagai tempat, dan semua datang yang datang yang lemah dan kecil."

"Mereka mengeluhkan banyak hal terutama terkait dengan kampung-kampung kecil, kampung warga miskin, kaum buruh, para guru, datang juga aktivis lokal yang saya tidak elok menceritakan detail yang menjadi keluhan,” kata Anies.

“Tapi mereka menyampaikan keinginan, aspirasi, dan itu terjadi di rumah berdatangan. Saya sebut itu pulling factor, faktor yang menarik kembali ke Jakarta,” ujarnya.

Sehingga, usai berdiskusi dan di saat bersamaan ada undangan dari partai politik yang merekomendasikan dirinya kembali maju di Pilgub 2024, Anies langsung menyatakan kesiapannya.

“Karena itu akhirnya saya bilang setelah diskusi dengan banyak pihak, ada undangan dari partai, bismillah kita jalani,” pungkas Anies.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat