androidvodic.com

Polisi Pastikan Tommy Soeharto Tak Ada Kaitannya dengan Makar - News

News, JAKARTA - Tanpa diketahui oleh media, polisi ternyata telah memeriksa Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto untuk kasus dugaan makar. Pemeriksaan dilakukan di rumah Tommy Soeharto.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengaku tak tahu persis kapan penyidik memeriksa Tommy Soeharto.

Argo hanya mengatakan penyidik memeriksa Tommy beberapa waktu lalu. Pemeriksaan dilakukan di rumah Tommy Soeharto.

Setelah memeriksa Tommy, penyidik tidak menemukan aliran dana dari Tommy kepada tersangka percobaan makar.

"Sudah selesai diperiksa, Pak Tommy tidak ada kaitannya (dengan makar). Nggak ada," kata Argo di Markas Polda Metro Jaya di Jakarta Selatan, Kamis (20/4/2017).

Nama Tommy Soeharto dikaitkan dengan kasus rencana makar setelah polisi menangkap Firza Husein. Perempuan itu merupakan ketua Yayasan Solidaritas Sahabat Cendana (SSC).

Kata cendana pada nama yayasan itu identik nama Jalan Cendana di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Jalan Cendana cukup istimewa karena kediaman pribadi Presiden ke-2 RI, Soeharto (alm) terletak di jalan tersebut.

Putra-putri Soeharto juga tinggal di kawasan Jalan Cendana. Bahkan, Tommy Soeharto kerap dijuluki Pangeran Cendana.

Sampai saat ini, kata Cendana kerap dikaitkan dengan keluarga Soeharto yang melepaskan kekuasaan formalnya pada 1999 setelah 32 tahun berkuasa.

Karena itu pula, sejumlah pihak menduga Yayasan Solidaritas Sahabat Cendana (SSC) memiliki hubungan erat dengan keluarga Cendana.

Firza Husein adalah tokoh penting pada aksi massa 2 Desember 2016 atau aksi 212. Firza pun termasuk 10 tokoh ditangkap polisi atas dugaan terlibat rencana makar di balik aksi 212.

Polisi menyatakan, Firza diduga berperan dalam pengumpulan dana untuk mendukung rencana makar.

Untuk menyingkap tabir hubungan Tommy dengan Firza Husein, penyidik Subdit Keamanan Negara (Kamneg) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menjadwalkan memeriksa Tommy Soeharto, pada Jumat (31/3/2017) lalu.

Tommy dijadwalkan diperiksa sebagai saksi untuk dugaan makar untuk tersangka Firza Husein.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat