androidvodic.com

KPK Selidiki Dugaan Uang Suap yang Dikumpulkan Wali Kota Tegal Mengalir Ke Partai Hanura - News

Laporan wartawan News, Theresia Felisiani

News, JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini mendalami dugaan adanya aliran dana Wali Kota Tegal nonaktif, Siti Masitha kepada sejumlah partai politik.

Di antararanya kemungkinan adanya aliran dana ke Partai Hanura terkait rencana dirinya maju dalam Pilkada Tegal 2018.

Baca: Dirut PT Crown Pratama Jadi Tersangka Kasus Penyalahgunaan Gula Rafinasi Untuk Hotel

Siti Masitha sendiri dan pasangannya Amir Mirza yang berencana maju dalam Pilkada Tegal 2018 telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pengelolaan dana jasa pelayanan kesehatan di RSUD Kardinah Tegal dan proyek-proyek lainnya di lingkungan Pemkot Tegal.

Guna mendalami aliran dana ini, Kamis (2/11/2017) penyidik KPK memeriksa Ketua DPC Partai Hanura Tegal, Abas Toya Bawazier untuk tersangka Siti Mashita.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan pemeriksaan terhadap Abas Toya Bawazier dilakukan untuk mendalami rencana Siti Masitha maju dalam Pilkada Tegal 2018.

Baca: Hotel Classic Tutup 50 Kamar Karaoke Sejak 8 Bulan Lalu Akibat Sepi Pengunjung

Terkait rencananya ini, Siti Masitha diduga telah bersafari politik dan memberikan bantuan kepada sejumlah partai, termasuk Partai Hanura.

"Terhadap saksi Abas Toya Bawazier, penyidik mendalami rencana tersangka (Siti Masitha) maju dalam Pilkada tahun depan. Penyidik mendalami bantuan-bantuan yang diduga mengalir kepada partai-partai politik, salah satunya Hanura yang merupakan bagian dari kegiatan safari politik tersangka," ungkap Febri di KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain Abas Toya Bawazier, lanjut Febri dalam pengusutan kasus ini, KPK juga memeriksa Direktur Utama PT Barkah Satria Jaya, Ali Rozi Basalamah.

Dalam pemeriksaan tersebut, tim penyidik mencecar Ali Rozi soal aset properti milik mantan politikus Partai Nasdem, Amir Mirza Hutagalung yang juga mantan Politisi Nasdem.

Baca: Akibat Tidak Ada Penyesuaian Harga BBM, Pertamina Kehilangan Potensi Pendapatan Rp 19 Triliun

"Kepada saksi Ali Rozi yang merupakan pengusaha properti di Tegal, materi yang didalami penyidik terkait kepemilikan aset properti tersangka AMH (Amir Mirza Hutagalung)," ungkap Febri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat