androidvodic.com

Temuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia, BPN Indikasikan Adanya Kecurangan Sistematis - News

News, JAKARTA - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional ( BPN) Prabowo-Sandi, Suhud Alynudin mengatakan adanya surat suara tercoblos di Kuala Lumpur, mengindikasikan adanya kecurangan yang sistematis di Pemilu 2019.

"Jelas ini indikasi adanya kecurangan sistematis," ujar Suhud saat dihubungi, Kamis, (11/4/2019).

Ia meminta kepada Bawaslu untuk tidak hanya merekomendasikan penghentian pemungutan suara di Kuala Lumpur. Melainkan juga mengusut tindak kecurangan tersebut.

"Tak hanya harus disetop, namun pihak-pihak terkait (KPU dan Bawaslu) harus menyelidiki penemuan kertas suara tercoblos ini," katanya.

Suhud mengatakan bahwa pola kecurangan di Pemilu luar negeri, sudah menjadi rahasia umum.

Kecurangan tersebut biasanya melibatkan caleg atau partai yang memiliki kekuasaan di Kedubes negara yang bersangkutan.

"Dari kertas tercoblos itu dapat ditelusuri pihak-pihak mana saja yang terlibat dalam praktik kecurangan itu. Adakah kaitan dari nama caleg dan partai yang dicoblos di kertas suara itu dan pejabat yang saat ini duduk sebagai duta besar di sana," pungkasnya.

Baca: Prabowo Dilarang Kampanye di Semarang, Begini Penjelasan Wali Kota Hendi hingga Ganjar Pranowo

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih enggan berkomentar banyak terkait temuan surat suara tercoblos oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kuala Lumpur, Malaysia.

Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan menjelaskan pihaknya tengah hati-hati dalam memberikan keterangan ke publik terkait kejadian tersebut.

Mereka akan lebih dulu mempelajari video sekaligus menunggu klarifikasi dari pihak Pokja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

"KPU telah dan sedang melakukan klarifikasi. KPU hati-hati dalam menyikapi video tersebut sampai dengan mendapatkan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan," kata Wahyu saat dikonfirmasi, Kamis (11/4/2019).

Ia mengimbau kepada seluruh pihak terkait, baik peserta, panitia, maupun pengawas Pemilu untuk mengambil sikap bijak dan hati-hati dalam memberikan statement terkait perkara ini.

"Semua pihak dihimbau bijak dan hati-hati dalam memberikan pernyataan terkait hal tersebut," ujar Wahyu.

Sebelumnya beredar sebuah video yang menunjukkan tumpukan puluhan kantong warna hitam berisi surat suara Pemilu 2019 sudah tercoblos dalam ruangan kosong sebuah ruko, kawasan Bandar Baru Bangi, Taman Universiti Bangi, Selangor, Malaysia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat