androidvodic.com

Pernyataan Sikap ICMI Terhadap Tragedi 21-22 Mei 2019 - News

News, JAKARTA-Melihat perkembangan politik nasional pasca pemilihan umum (pemilu) 2019, Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) menyampaikan imbauan sebagai berikut:

1. ICMI mengajak seluruh masyarakat menjaga persatuan, kedamaian, dan ketertiban sesudah penetapan hasil pemilu baik pilpres maupun pileg.

2. ICMI mengajak seluruh masyarakat mengawal pengajuan perkara atau permohonan PHPU (Perselisihan Hasil Pemilu) peserta pemilu melalui tahapan Mahkamah Konstitusi (MK).

3. MK diimbau dapat memutuskan secara independen, jujur dan adil terhadap berbagai pengajuan perkara pemilu baik pilpres maupun pileg, serta mempublikasikan sidang MK secara terbuka/umum melalui media massa untuk memberikan kesempatan masyarakat mendapat informasi seutuhnya tentang proses mencari keadilan di MK.

4. ICMI mengajak seluruh masyarakat untuk mewaspadai pecah-belah bangsa. Pemilu adalah rutinitas per lima tahun. Kita harus melihat jauh ke depan bahwa kepentingan bangsa dan negara, serta persatuan dan kesatuan, jauh lebih penting dari urusan perebutan jabatan dan kekuasaan sesaat.

Baca: Sandiaga Uno Bocorkan Isi Pertemuan Prabowo dengan Jusuf Kalla

5. ICMI mendukung insiatif para tokoh bangsa untuk meredakan ketegangan dan rujuk nasional mencari solusi terbaik demi keutuhan Bangsa dan Negara Kesatuaan Republik Indonesia.

6. Terhadap tragedi 21-22 Mei yang menelan korban jiwa dan luka-luka, perlu segera dibentuk tim investigasi sehingga masyarakat mendapat penjelasan dan pemahaman utuh tentang kejadian sebenarnya.

7. ICMI mengharapkan kejadian yang menelan korban jiwa tidak terulang lagi, mengingat proses pengajuan perkara atau permohonan PHPU, masih terus berlangsung terutama di MK, yang juga akan melibatkan para demonstran yang haknya dilindungi undang-undang.

Baca: Mudik Lebaran 2019, Seluruh Ruas Jalan Tol Diskon 15 Persen

8. ICMI meminta kepada pihak keamanan terutama TNI dan Polri untuk benarbenar menjaga rakyat, mengambil posisi netral, tidak represif, dan bijaksana terhadap pihak-pihak yang mengkritisi proses pemilu.

Demikian Pernyataan Sikap ini kami sampaikan. Semoga Allah Subhanahu wa taa’la tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat