androidvodic.com

Jadi Menhan, Prabowo Kelola Anggaran Rp 127 Triliun, Paling Besar di Antara Kementerian Lain - News

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto akan mengelola anggaran senilai Rp 127 triliun. Anggaran ini paling besar di antara kementerian lain. Untuk apa saja?

News - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/10/2019).

Selama lima tahun ke depan, Prabowo akan memimpin Kementerian Pertahanan menggantikan Ryamizard Ryacudu.

Rencananya, serah terima jabatan Menteri Pertahanan dari Ryamizard kepada Prabowo akan berlangsung Kamis (24/10/2019) hari ini.

Setelah resmi menjadi Menteri Pertahanan, Prabowo akan mengelola anggaran senilai Rp 127 triliun atau tepatnya Rp 127.357.597.806.000.

Baca: Dahulu Bilang Lemah, Ini Solusi Prabowo untuk Tingkatkan Pertahanan Indonesia

Baca: Jadi Menhan Loyalitas Prabowo Dipertanyakan, Adian Napitupulu Breaksi: Waktu Akan Jadi Penguji

Menhan Prabowo Subianto saat pengenalan menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).
Menhan Prabowo Subianto saat pengenalan menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Jumlah anggaran dana yang dikucurkan untuk Kementerian Pertahanan (Kemenhan) paling besar di antara kementerian dan lembaga lain.

Sebut saja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang mendapat anggaran Rp 120,2 triliun.

Di posisi ketiga setelah Kemenhan dan PUPR, ada Kepolisian Negara Republik Indonesia yang mendapat Rp 90,3 triliun.

Posisi keempat dan kelima, masing-masing ditempati oleh Kementerian Agama Rp 65 triliun dan Kementerian Sosial Rp 62,7 triliun.

Diketahui, dalam pemerintahan Jokowi, bidang pertahanan merupakan bidang yang selalu mendapat alokasi anggaran yang sangat besar.

Hal ini juga akan berlaku pada 2020.

Baca: Melihat Keakraban Prabowo Dengan Retno Marsudi dan Pratikno

Baca: Reaksi Tak Terduga Prabowo saat Diumumkan Jadi Menteri Pertahanan lalu Beri Hormat ke Presiden

Dalam buku APBN 2020, anggaran untuk Kementerian Pertahanan pada 2020, lebih besar dibandingkan 2019 yang hanya Rp 109,6 triliun alias meningkat sebesar Rp 15,6 persen.

Dari anggaran tersebut, sebanyak 41,6 persen dialokasikan untuk belanja pegawai, 32,9 persen untuk belanja barang, dan 25,4 persen untuk belanja modal.

Ada beberapa alasan kenapa anggaran untuk Kementerian Pertahanan meningkat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat