androidvodic.com

Dikabarkan Susul Ahok Masuk BUMN, Berikut Rekam Jejak Ignasius Jonan - News

News - Belakangan ini santer berhembus kabar terkait mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan akan masuk di Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Nama Ignasius muncul saat Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut akan ada beberapa nama dari para mantan menteri dan wakil menteri (wamen) di periode Kabinet Kerja Presiden Jokowi-Jusuf Kalla.

"Kami lagi cari - cari mantan menteri, wamen untuk melengkapi BUMN, tapi yang cocok ya," ujar Arya dikutip dari Kompas.com (26/11/2019).

Namun, Arya tidak menyebutkan secara sepesifik sosok menteri dan wamen yang dimaksud.

Sementara itu dari kabar yang berhembus kencang nama Ignasius kuat dugaan akan masuk di jajaran BUMN untuk bergabung dengan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Lalu siapa Ignasius Jonan?

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan (Yanuar Riezqi Yovanda)

Nama Ignasius Jonan memang tidak asing terutama dalam jajaran Pemeintahan Jokowi - JK.

Pria 56 tahun ini merupakan lulusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Ia juga berhasil meneruskan pendidikannya di Fletcher School Tufts University, Amerika Serikat.

Dalam karirnya, Ignasius selain menjadi menteri ESDM periode 2016-2019, ia juga merupakan menteri perhubungan indonesia pada 2014-2016.

Anak dari pasangan pengusaha ini, mulai dikenal publik saat dirinya menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada 2009.

Meskipun sebelumnya Ignasius belum pernah berkecimpung dalam bidang bisnis transportasi, namun berbagai gebrakan berhasil ia ciptakan.

Dikutip dari Wikipedia, saat dipercaya memimpin PT KAI pada 2009 - 2014, terdapat terobosan - terobosan yang ia lakukan seperti,

Ia menerapkan boarding pass, tiket daring, dan penjualan melalui toko ritel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat