androidvodic.com

Soal Penyidik KPK Kompol Rossa, Firli Bahuri Bilang Mabes Polri Kirim Surat Penarikan 13 Januari - News

Laporan Wartawan News, Srihandriatmo Malau

News, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjelaskan duduk perkara mengenai pengembalian salah satu penyidik asal kepolisian, Kompol Rossa Purbo Bekti ke institusi Polri.

Menurut Firli, pengembalian Kompol Rossa ke institusi asalnya bermula dari surat dari Mabes Polri yang menarik dua penyidik dari KPK.

Satu diantara penyidik yang ditarik itu adalah Rossa. Surat penarikan dari polri itu, kata Firli, diterima KPK pada 13 Januari 2020 lalu.

"Ada suratnya, tanggal 13 Januari lalu itu diterima suratnya penarikan terhadap dua penyidik. Dari kejaksaan juga kita terima penarikan dua jaksa penuntut umum," ujar mantan Kapolda Sumatera Selatan ini kepada wartawan usai bertemu lima pimpinan DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Kemudia pada tanggal 15 Januari surat permintaan penarikan itu dibahas.

"Tanggal 21 Januari dibuat lah surat keputusan pemberhentian yang bersangkutan. Jadi apa yang tidak ada (surat permintaannya-red)," tegasnya.

Baca: Motul Luncurkan Pelumas Baru untuk Skutik dan Motor Kopling Basah, Ini Keunggulannya

Kompol Rossa dipulangkan bersama satu rekannya sesama polisi, Kompol Indra.

Lebih lanjut terkait surat pembatalan penarian dari polri, ia menjelaskan, itu datang setelah ada keputusan pengembalian dua anggota Polri itu ke institusi asalnya.

Baca: BREAKING NEWS: Menkeu Era Orde Baru JB Sumarlin Meninggal Dunia

"Itu sudah ada keputusan sebelumnya. Artinya Kompol Rossa sudah dikembalikan," jelas Firli.

KPK Klaim Sudah Bayar Gajinya

KPK menyatakan sudah membayar gaji Komisaris Polisi Rossa Bekti Purbo. Hal itu diungkapkan Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri setelah ia berkomunikasi dengan Biro SDM KPK.

"Untuk penghasilan bulan Februari 2020 telah dibayarkan kepada yang bersangkutan sebagaimana para pegawai KPK lainnya," kata Ali saat dimintai konfirmasi, Kamis (6/2/2020).

Baca: Gubernur Anies Baswedan:Revitalisasi Monas Jalan Terus

Sebelumnya, Wadah Pegawai KPK menyatakan Rossa belum menerima gaji untuk bulan ini. WP sampai berencana urun dana untuk membantu Rossa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat