androidvodic.com

Sekjen PDIP: Webinar Keempat TMP Bangun Kesadaran Publik Urgensi Pilkada di Tengah Pandemi - News

News, JAKARTA -  Sebagai sayap pemuda PDI Perjuangan, Taruna Merah Putih (TMP) selalu punya gagasan kreatif untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, termasuk melalui webinar nasional keempat dengan tema Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat membuka Webinar Nasional Keempat TMP, Minggu (9/8/2020) malam.

Hadir dalam webinar ini sebagai pembicara Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakil Ketua Komisi II DPR Arif Wibowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Tulang Bawang Winarti dan Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi.

"Tema Webinar ini membangun ksadaraan publik terhadap pentingnya pelaksanaan Pilkada. Meskipun kita menghadapi tantangan di tengah pandemi Covid-29," kata Hasto.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto  dan Ketua Umum TMP Maruarar Sirait pada Webinar Nasional Keempat TMP,  Minggu (9/8/2020) malam.
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Ketua Umum TMP Maruarar Sirait pada Webinar Nasional Keempat TMP, Minggu (9/8/2020) malam. (ist)

Bagi PDI Perjuangan, jelas Hasto, Pilkada serentak pada Desember 2020 di tengah pandemi Covid-19 merupakan momentum untuk penguatan mekanisme kelembagaan di dalam menyiapkan seorang pemimpin. Pilkada juga berfungsi sebagai pendidikan politik dan kaderisasi kepemipinan.

PDI Perjuangan sendiri, lanjutnya, terus menerus menjalankan kaderisasi partai dan memperkuat mekanisme kelembagaan demokrasi melalui proses penjaringan dan penyaringan calon dari bawah.

Baca: PDIP Wajibkan Calon Kepala Daerah Punya Strategi Tingkatkan Imunitas Rakyat di Masa Pandemi

Kemudian PDI Perjuangan juga melakukan pemetaan politik, survei dan pertimbangan politik idoelogis strategis.

"Di dalam pengertian, mereka yang termasuk dalam organisasi terlarang tentu saja tidak mungkin kami calonkan. Mereka yang punya persoalan hukum, tidak mungkin kami calonkan sebagai calon kepala daerah. Ini komitmen bagi PDI perjuangan bahwa menjadi pemimpin itu harus betul-betul digerakan oleh api semangat berdasarkan pemahaman terhadap ideologi Pancasila," jelas Sekjen.

PDI Perjuangan, masih kata Hasto, mempersiapkan calon pemimpin dengan sekolah calon kepala daerah. Calon yang sudah diputuskan juga diumumkna melalui upacara khusus sebagai tanda bahwa semua calon harus berdedikasi untuk kepentingan rakyta.

"Bagi PDI Perjuangan, semua tahapan Pilkada merupakan pematangan proses konslolidasi demokrasi yanag menempatkan rakyat sebagai hakim tertinggi dan pengambil keputusan tertinggi. Dan PDI Perjuangan menyatu dengan semua kehendak rakyat itu. Ini adalah pemilu rakyat Indonesia," tegas Hasto.

(Kiri ke kanan) Ketua Umum TMP Maruarar Sirait,  Mendagri Tito Karnavian dan Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi pada Webinar Nasional Keempat TMP,  Minggu (9/8/2020) malam.
(Kiri ke kanan) Ketua Umum TMP Maruarar Sirait, Mendagri Tito Karnavian dan Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi pada Webinar Nasional Keempat TMP, Minggu (9/8/2020) malam. (ist)

Sebagai proses pematangan demokrasi, sambungnya lagi, PDI Perjuangan berharap para calon kepala daerah yang sudah dipersiapkan itu benar-benar mampu menjawab tantangan di tengah pandemi Covid-19.

"Pilkada di tengah pandemi kami harapkan dapat digelorakan dengan seluruh disiplin nasional. Maka seluruh calon kepala daerah dari PDI Perjuangan wajib hukumnya untuk benar-benar mengiktui protokol pencegahan penyebaran Covid-19," jelas Hasto.

Pada saat bersamaan, sambungnya lagi, PDI Perjuangan terus menyempurnakan mekanisme organisasi. PDI Perjuangan juga telah mempersiapkan kampanye secara virtual dan melakukan sekolah partai melalui daring.

"Rakyata harus mendapat kepastian terhadap pemimpinnnya. Tifak boleh ada pemerintahan yang kosong. Dan bagi PDI Perjuangan, semua calon kepala daerah akan diuji komitmennya di dalam mengatasi pandemi Covid-19. Seluruh para calaon kepala daerah akan diuji kedisplinnnya di dalam menggerakkan rakyata dan menjawab persoalan ekonomi juga," jelas Hasto.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum DPP TMP Maruarar Sirait yang memandu diskusi, berterima kasih kepada Hasto yang selalu dalam empat kali webinar nasional yang dilakukan TMP.

(Kiri ke kanan) Ketua Umum TMP Maruarar Sirait, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto  dan Mendagri Tito Karnavian pada Webinar Nasional Keempat TMP,  Minggu (9/8/2020) malam.
(Kiri ke kanan) Ketua Umum TMP Maruarar Sirait, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Mendagri Tito Karnavian pada Webinar Nasional Keempat TMP, Minggu (9/8/2020) malam. (ist)

Hasto selalu hadir memberikan waktu dan pemikiran dengan sepenuh hati dan profesional dalam setiap Webinar TMP.

"Kami bangga punya Sekjen Mas Hasto. Di bawah kepemimpinan Mbak Mega dan Mas Hasto, setelah menang Pileg dan Pilpres dua kali sat 2014 dan 2019, kami juga yakin di bawah kepemimpinan Mbak Mega dan Mas Hasto PDI Perjuangan akan menang tiga kali berturut-turut," demikian Maruarar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat