androidvodic.com

Program Talenta Nasional, Harapan Adanya Generasi Indonesia Raih Nobel dan Lasker Award - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Manoarfa mengatakan terdapat sejumlah bidang yang menjadi fokus pemerintah dalam program Talenta Nasional yang akan segera diluncurkan.

Program Talenta Nasional adalah program untuk mencari dan mengembangkan anak-anak Indonesia yang memiliki talenta unggul.

"Manajemen talenta nasional adalah salah satu yang ingin dihadirkan oleh Bapak Presiden sesuai dengan janji beliau di masa kampanye dan kami sedang menyusun sebuah grand desain untuk memastikan manajemen talenta nasional itu bisa terbentuk. Bidang-bidang telah kita tetapkan untuk menjadi ruang lingkup di dalam manajemen talenta nasional tersebut," kata Suharso usai rapat bersama Presiden Jokowi, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Bappenas Nilai Ekonomi akan Menuju ke Pemulihan Hijau Pasca-Pandemi

Adapun bidang yang nantinya akan menjadi fokus program talenta nasional yakni bidang riset dan inovasi.

Target dari program tersebut yakni peningkatan rasio sumber daya manusia per satu juta penduduk yang memiliki talenta unggul.

Baca juga: Bappenas: Pembangunan Istana Kepresiden di Ibu Kota Baru Dimulai Tahun Ini

"Mudah-mudahan kita bisa, dari 260 juta ini berapa orang yang benar-benar mencapai suatu prestasi internasional dengan ukuran-ukurannya misalnya siapa tahu, who knows kita bisa memenangkan Nobel, bisa memenangkan Lasker Award, wolf prize, Breakthrough Prize in Life Sciences dan berbagai penghargaan yang menjadi sebuah rekognisi (pengakuan) internasional atas sebuah bangsa," katanya.

Bidang yang kedua kata Suharso yakni Seni dan Budaya.

Target program Manajemen Talenta dalam bidang ini yakni adanya rekognisi atau pengakuan sebuah karya seni dan budaya Indonesia oleh dunia internasional.

Baca juga: Kepala Bappenas Suharso: Ekosistem Inovasi Jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi

"Sebenarnya telah banyak yang telah dilakukan oleh kita di berbagai negara dan mendapatkan sambutan yang luar biasa, termasuk di bidang musik misalnya Choir kita itu di beberapa negara mendapatkan hadiah mendapatkan award dan saya kira Itu adalah sebuah kebanggaan nasional," katanya.

Bidang terkahir yakni olahraga.

Target dari bidang ini yakni semakin banyaknya atlet atlet Indonesia yang berprestasi di dunia internasional terutama pada 14 cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade.

"Misalnya di Bulutangkis, di Panahan, angkat besi yang kita pernah memperoleh medali dan tentu ada lagi di atletik, dayung juga menjadi kekuatan kita, renang, senam, taekwondo,dan beberapa lainnya," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat