androidvodic.com

Orang Kaya di Indonesia Semakin Banyak Imbas Pandemi Covid-19, Berikut Daftar 10 Orang Terkaya RI - News

News, JAKARTA - Pandemi covid-19 nyaris dua tahun melanda seluruh dunia. Pertumbuhan ekonomi negara-negara di dunia pun mengalami keterpurukan.

Apa dampaknya pada kekayaan orang-orang tertajir?

Perusahaan investasi Credit Suisse baru-baru ini mengatakan, meski ekonomi mengalami gangguan akibat pandemi, jumlah orang kaya di berbagai negara justru mengalami kenaikan dan Indonesia menjadi salah satunya.

Dikutip dari situs resmi Credit Suisse dan Financial Times, jumlah orang di Indonesia dengan kekayaan lebih dari 1 juta US Dollar atau jika dikonversikan menjadi Rp 14,49 miliar ada 172.000 orang.

Jumlah itu bertambah 62,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Menurut Credit Suisse, faktor-faktor yang menyebabkan jumlah orang kaya di Indonesia semakin banyak meski pandemi covid-19 karena adanya kenaikan harga aset yang didorong suku bunga rendah.

Imbasnya mendorong harga aset di pasar keuangan.

Selain pada sektor keuangan, harga aset fisik seperti properti masih mencatat kenaikan meski lajunya melambat. Tahun 2020 misalnya indeks harga hunian residensial naik 1,55 persen(year on year/yoy).

Baca juga: 10 Politisi Terkaya, Terbanyak dari Partai Demokrat Liberal Jepang Rp255 Miliar per Tahun

Jutawan di tanah air berdasarkan Credit Suisse juga tidak bergantung kepada penghasilan bulanan saja. Investasi menjadi salah satu tambahan penghasilan, bahkan nilainya melebihi upah tetap yang perkembangannya hanya mengikuti laju inflasi.

Ekonom Faisal Basri di akun twitternya @FaisalBasri juga berkicau tentang kenaikan jumlah orang kaya di Indonesia. Menurutnya, pertambahan orang kaya karena adanya kenaikan harga aset.

"Pandemi mengakibatkan perekonomian Indonesia merosot (kontraksi). Namun, jumlah orang dewasa dengan kekayaan di atas USD1 juta naik tajam sebesar 61,7%, dari 106.215 orang tahun 2019 menjadi 171.740 orang," kata Faisal dalam akun Twitternya.

Daftar 10 Orang Terkaya

Jumlah penduduk kaya dan superkaya di Indonesia justru meningkat di tengah pandemi.

Baca juga: Orang-orang Terkaya di India Kabur karena Covid-19, Tarif Sewa Jet Pribadi Melonjak

Diberitakan sebelumnya oleh Kompas.com yang melansir data dari lembaga keuangan Credit Suisse, jumlah penduduk dengan kekayaan bersih 1 juta dollar AS atau lebih di Indonesia mencapai 171.740 orang pada tahun 2020.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat