androidvodic.com

Kabel dan Buku Jaga Jadi Barang Bukti Kasus Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya telah melakukan gelar perkara terkait kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Banten.

Kini perkara tersebut sudah masuk dalam tahap penyidikan.

Dalam proses ini, kepolisian akan memanggil sejumlah saksi untuk dimintai keterangan guna mengungkap penyebab pasti kebakaran tersebut.

"Kami lihat perkembangannya ini masih proses. Pada proses penyidikan pemeriksaan akan dimasukkan berita acara pemeriksaan," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono saat jumpa pers di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (12/9/2021).

Tak hanya memeriksa saksi, pihak kepolisian juga telah mengumpulkan sejumlah barang bukti dari tempat kejadian perkara (TKP).

Barang bukti tersebut diyakini akan menjadi petunjuk untuk mengungkap penyebab serta kemungkinan adanya tersangka dalam insiden kebakaran yang menewaskan puluhan orang.

Baca juga: Polisi Telah Kantongi Data Antemortem 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang

Adapun barang bukti baru yang diamankan polisi berupa kabel dan buku jaga.

"Barang bukti ada kabel, buku-buku jaga ketika terjadi kebakaran," ucap Rusdi.

Rusdi mengatakan kasus tersebut masuk ke tahap penyidikan setelah penyik melakukan gelar perkara.

Baca juga: 3 Korban Kebakaran Lapas Tangerang Berhasil Teridentifikasi oleh Tim DVI RS Polri 

Dalam tahap penyidikan, kepolisian akan mencari keterangan beberapa pihak guna mengungkap adanya dugaan kelalaian dari terbakarnya Lapas Tangerang tersebut.

"Beberapa pasal yang relevan dengan kasus ini yaitu pasal 187 yaitu ada kesengajaan sehingga menimbulkan kebakaran dan juga pasal 188 di sini adanya kealpaan yang menimbulkan kebakaran yang membahayakan secara umum baik barang maupun orang. Pasal ketiga pasal 359 adanya kelalaian yang mengakibatkan orang meninggal, jadi itu pasal yang disangkakan," katanya.

Hingga saat ini tercatat 45 orang narapidana tewas dalam kebakaran di Blok C2 Lapas Kelas I Tangerang..

Polisi rencananya akan memanggil sejumlah saksi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat