androidvodic.com

Mahfud MD: Presiden Pilih Jenderal Andika Perkasa Berdasarkan Tantangan dan Kebutuhan Aktual - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD merespons terkait diajukannya nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI oleh Presiden Jokowi.

Mahfud MD meyakini dari sudut kompetensi dan profesionalitas Jenderal Andika sangat berkualitas.

Jika jabatan sudah sampai kepada Kepala Staf Angkatan, baik Darat, Laut maupun Udara, kata dia, pastilah merupakan orang yang terbaik dari matranya.

"Pertimbangan Presiden memilih Pak Andika tentu didasarkan pada tantangan dan kebutuhan aktual yang komprehensif sekarang ini. Pilihan Presiden sudah tepat dan mantap sesuai dengan hak prerogatifnya, beliau tidak diombang ambingkan oleh opini yang tidak relevan," kata Mahfud kepada wartawan dikutip, Kamis (4/11/2021).

Sebagai Menko Polhukam yang sudah dua tahun bekerja sama dengan Andika, kata dia, ia merasa Andika cocok menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa Jadi Calon Panglima TNI, 2 Hal Ini Diduga Jadi Pertimbangan Presiden Jokowi

Kini Andika, kata dia, tinggal melanjutkan apa yang sudah dikerjakan bersama dengan Hadi.

Di matanya, Andika adalah sosok tegas tapi penuh senyum dan selalu correct.

"Sama dengan Pak Hadi Tjahjanto, keduanya merupakan tentara yang profesional, humanis, dan kental dengan kultur Indonesia," kata dia.

Sebelumnya Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyerahkan surat presiden (surpres) calon Panglima TNI kepada pimpinan DPR RI, secara langsung, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Penyerahan surpres itu dilakukan jelang pensiunnya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada November 2021.

Baca juga: Fakta Jenderal Andika Jadi Calon Panglima TNI, Dipilih Sebelum Jokowi Berangkat ke Luar Negeri

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya mengusulkan satu nama calon Panglima TNI kepada DPR RI yaitu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Saat melihat nama Andika dalam surpres, senyum simpul Puan terlihat mengembang dan dia sempat melihat ke arah kiri dan kanannya.

"Presiden mengusulkan hanya satu nama calon Panglima kepada DPR RI untuk mendapat persetujuannya. Pada hari ini, melalui pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan surpres mengenai usulan calon Panglima TNI kepada DPR RI, atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa," ujar Puan, Rabu (3/11/2021).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat