androidvodic.com

Rencana Komandan Korps Marinir Dijabat Pati Bintang 3, Panglima TNI: Tunggu Keputusan Presiden - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menanggapi rencana Komandan Korps Marinir (Dankormar) TNI Angkatan Laut (TNI AL) dijabat oleh Perwira Tinggi (Pati) bintang 3 atau Letnan Jenderal Marinir.

Saat ini jabatan Dankormar diketahui masih dijabat oleh Pati bintang 2 atau Mayor Jenderal Marinir.

Andika mengatakan terkait rencana tersebut pihaknya masih menunggu Keputusan Presiden terkait validasi organisasi.

Ia mengingatkan wartawan sebelumnya Presiden Joko Widodo juga telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

Baca juga: Panglima TNI Andika Perkasa Akan Menghadap Presiden Jokowi Soal Usulan Wanjakti Pangkostrad Baru

"Kita harus mendapatkan keputusan Presiden dulu, karena hubungannya dengan perubahan organisasi, kita menyebutnya validasi organisasi," kata Andika di Markas Besar TNI AL Cilangkap Jakarta Timur pada Senin (22/11/2021).

Namun demikian, Andika mengatakan validasi organisasi tersebut nantinya tidak hanya akan dilakukan bersamaan terhadap jajaran TNI AL namun juga TNI Angkatan Darat dan TNI Angkatan Udara.

Andika mengatakan hal tersebut dilakukan agar proses validasi organisasi dapat berjalan efisien.

"Sekarang kita akan lakukan secara serempak seluruh angkatan untuk supaya jangan bolak-balik. Jadi mana yang perlu dinaikan sesuai dengan tanggung jawabnya yang memang lebih besar," kata Andika.

Baca juga: Profil Kombes Pol Bhirawa Braja Paksa, Adik Andika Perkasa yang Jadi Pejabat di Polda Metro Jaya

Diberitakan sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono, menyebut Komandan Korps Marinir (Dankormar) akan dinaikkan pangkatnya menjadi bintang tiga yaitu Letnan Jenderal TNI (Marinir) atau satu level dengan Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad).

Yudo mengatakan, pihaknya tinggal menunggu keputusan Panglima TNI terkait hal ini.

"Pada HUT yang ke-75 lalu pernah saya sampaikan bahwa Marinir nanti juga akan dipimpin oleh jenderal bintang tiga, tinggal menunggu KEP Panglima TNI," ujar KSAL saat perayaan HUT Ke-76 TNI AL di Cilandak Jakarta Selatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat