androidvodic.com

Dorong Siapkan Kurikulum Prototipe, Anggota Komisi X DPR: Peran Paling Besar Nanti di Guru - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan mengatakan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan Kemendikbudristekdikti dan jajarannya terkait kurikulum prototipe.

Kurikulum prototipe yang disiapakan Kemendikbud tersebut, kata dia, nantinya harus didiskusikan dengan DPR dan masyarakat pendidikan.

Kurikulum prototipe tersebut, kata dia, menjadi penting untuk bisa mengatasi learning loss yang diakibatkan pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikannya dalam Dialog Produktif Kabar Kamis bertajuk Peran Aktif Guru Dalam Pemulihan Pendidikan di kanal Youtube FMB9ID_IKP, Kamis (25/11/2021).

"Peran yang paling besar itu nanti adalah di guru. Bagaimana guru-guru kita yang hari ini merayakan Hari Guru Nasional, mereka memainkan peran yang besar. Kita mengembalikan peran guru, bukan hanya status dan penghasilan mereka saja," kata Putra.

Baca juga: Hasilkan Lulusan Berkualitas, Sekolah Perlu Siapkan Kurikulum Akademis dan Kerohanian

Kurikulum tersebut, kata Putra, diharapkan bisa mengembalikan guru menjadi guru-guru yang bisa berinovasi, mandiri, serta tidak hanya sekadar menjalankan tugas-tugas administrasi.

"Kita ingin di ruang kelas itu melihat ada juga guru yang betul-betul bisa menjalankan kurikulum sesuai kreatifitas dia juga. Dikasih kebebasan juga. Tantangan-tantangan ini yang menghadapi kita. Pandemi ini seharusnya kita jadikan momentum untuk meningkatkan," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat