androidvodic.com

PAN Prihatin Indeks Pembangunan Pemuda Indonesia Menurun Akibat Pandemi - News

Laporan Wartawan News, Vincentius Jyestha 

News, JAKARTA - Jubir muda Partai Amanat Nasional (PAN) Dimas Prakoso Akbar menyatakan keprihatinannya atas penurunan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) tahun 2020 seperti disampaikan Deputi Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri

"Saya mewakili suara generasi muda sangat prihatin atas menurunnya Indeks Pembangunan Pemuda apalagi salah satunya ada pada bidang kesempatan dan lapangan kerja," ujar Dimas, ketika dihubungi News, Senin (24/1/2022). 

Meskipun, dikatakan Dimas dirinya mengakui memang faktor penyebab hal tersebut adalah pandemi pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak awal tahun 2020 hingga sekarang.

Tetapi Dimas meminta agar seluruh pihak jangan terus menerus berlindung dibalik alasan pandemi Covid-19.

Apalagi mengingat berbagai sektor telah dilonggarkan oleh pemerintah, maka inilah saatnya untuk bangkit mengejar ketertinggalan.

Dimas berpesan agar pemerintah, dunia pendidikan, dan sektor swasta menyediakan program yang terintegrasi di sektor hulu dan hilir.

Baca juga: Penjelasan Luhut, Kasus Harian Covid-19 Meningkat dalam Seminggu Terakhir

"Jangan hanya menyediakan pendidikan, pelatihan, dan sosialisasi sebagai formalitas tetapi berkelanjutan hingga menjembatani ke dunia kerja bagi yang ingin menjadi pegawai maupun stimulus bagi yang ingin menjadi pengusaha," ucapnya. 

Dimas juga mengingatkan jumlah generasi Z mencapai 27,49 persen dari populasi dan generasi milenial mencapai 25,87 persen dari populasi berdasarkan sensus BPS tahun 2020. 

Menurutnya, generasi muda adalah pemimpin populasi yang menentukan di sektor produksi maupun konsumsi.

Menjadi anomali jika sebagai pemimpin populasi tetapi indeks pembangunannya malah turun.

"Kuncinya adalah kesempatan dan keterlibatan. Pemerintah dan sektor swasta harus banyak memberi kesempatan dan melibatkan generasi muda karena mereka adalah pemimpin populasi yang cepat atau lambat akan menguasai pasar maupun sektor produksi," kata Dimas.

Baca juga: Wagub DKI Ungkap Keterisian Tempat Tidur di RS Rujukan Jakatya Naik Signifikan, Kini Capai 31 Persen

"Barangsiapa yang tidak mampu menangkap peluang ini maka siap-siap tergerus oleh zaman. Sudah banyak contoh misalnya ritel-ritel besar menutup gerai karena pergeseran pola hidup dari tradisional menjadi digital yang mana konsumen digital terbesar adalah generasi muda," pungkasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Indonesia mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat