androidvodic.com

Dokter Sunardi Dicokok dari Pengembangan Teroris JI yang Sudah Tertangkap Lebih Dulu - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Kepolisian RI mengungkapkan bahwa penangkapan Dokter Sunardi, tersangka teroris yang ditembak mati di Sukoharjo, Jawa Tengah, berdasarkan hasil pengembangan teroris Jamaah Islamiah (JI) yang sudah tertangkap.

Karena itu, penangkapan Dokter Sunardi menurut Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan,
telah sesuai dengan prosedur.

"Densus 88 ketika menetapkan seseorang sebagai tersangka tentu melalui proses ya. Tentu telah mengumpulkan bukti-bukti, telah melakukan pemeriksaan, penjelasan beberapa saksi termasuk para tersangka ataupun para napi yang telah ditangkap terlebih dahulu," ujar Ramadhan kepada wartawan, Sabtu (12/3/2022).

Oleh sebab itu, Ramadhan menyampaikan proses penyidikan dugaan keterlibatan Dokter Sunardi dalam dugaan kasus terorisme Jamaah Islamiah (JI) telah berlangsung sejak lama.

"Jadi Densus atau penyidik Densus menetapkan seseorang sebagai tersangka ini prosesnya bukan pendek. Tentunya panjang, bukti-bukti yang dikumpulkan ini sudah cukup," jelas dia.

Namun demikian, dia masih enggan merinci pengembangan jaringan teroris yang munculkan nama Dokter Sunardi.

Hal yang pasti, kata dia, Dokter Sunardi merupakan pemilik yayasan yang terafiliasi dengan JI.

"Ini tentu pengembangan dari penangkapan tersangka JI terdahulu. Saya sampaikan bahwa beliau penanggung jawab sebuah yayasan. Yang mana yayasan ini terafiliasi dengan jaringan organisasi JI," ungkap dia.

"Nah ini jadi tindakan terorisme itu bisa fisik, bisa pendanaan. Kalau melihat dari salah satu tadi itu kan, memfasilitasi pemberangkatan ke Suriah ya," sambung dia.

Diberitakan sebelumnya, Tim Densus 88 Antiteror Polri menembak mati terduga teroris jaringan Jamaah Islamiah (JI) di Jawa Tengah. Penindakan tersebut setelah pelaku menabrak petugas saat akan ditangkap.

Adapun peristiwa penangkapan tersebut terjadi di jalan Bekonang, Sukoharjo, Jawa Tengah pada Rabu 9 Maret 2023 sekitar pukul 21.15 WIB.

Terduga teroris berinisal SU yang juga merupakan warga Sukoharjo.

Baca juga: FAKTA Dokter Tersangka Teroris di Sukoharjo Tewas Ditembak Densus 88, Sempat Lakukan Perlawanan

"Adapun saat penangkapan saudara SU dia melakukan perlawanan terhadap petugas secara agresif yaitu dengan menabrakkan mobilnya ke arah petugas yang sedang menghentikan tersangka," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers virtual, Kamis (10/3/2022).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat