androidvodic.com

Hadiri Pernikahan Putri Tanjung dan Guinandra, Wapres Beri Nasihat Pernikahan - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi 

News, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin menghadiri akad nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo di Kediaman Chairul Tanjung, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/03/2022). 

Di samping memberikan ucapan selamat dan doa, Wapres juga turut memberikan nasihat pernikahan pada acara tersebut.

"Yang pertama dan utama, luruskan niat kalian dalam menikah, supaya nikahnya berpahala. Sebab dalam Islam banyak amalan kelihatannya amal duniawi, tapi bisa menjadi amal akhirat (karena niat yang benar)," ujar Ma'ruf melalui keterangan tertulis, Minggu (20/3/2022).

Dirinya meminta kepada tamu undangan yang hadir dan telah menikah agar memperbaharui lagi niatnya supaya mendapat keberkahan.

"Bagi pengantin lama, yang dulu niatnya belum beres, saya minta diperbaharui niatnya sekarang. Namanya tadjidun niat, memperbaharui niat, dan memperbaiki niatnya. Insya Allah sisanya berkah," tuturnya. 

Tidak hanya dalam urusan pernikahan, Ma'ruf menilai dalam berbagai urusan lain seperti kegiatan sosial, politik, ekonomi, termasuk mencari rizki, apabila niatnya baik maka juga akan menjadi amal akhirat yang berpahala.

Baca juga: Sebagai Sahabat, Maudy Ayunda Ikut Senang Putri Tanjung Menikah

"Sebaliknya, banyak amal nampaknya akhirat, tapi dia menjadi amal dunia, tidak berpahala, bahkan bisa menjadi maksiat, kalau niatnya buruk," jelasnya.

Selanjutnya, Wapres mengingatkan kepada Putri dan Guinandra, bahwa dalam bahtera rumah tangga, tidak ada suami atau istri yang ideal dan sempurna. 

Menurutnya, akan selalu ada kekurangan dan kelebihan yang didapati dari diri seorang suami atau istri.

“Kedua, terimalah istri Anda dengan segala kekurangan dan kelebihannya, terimalah suami Anda dengan segala kekurangan dan kelebihannya," pintanya. 

Ketika mendapati sesuatu dalam diri istri atau suami yang tidak menyenangkan hati, menurut Wapres, maka juga harus dicari hal lain dari suami atau istri yang menyenangkan hati.

Baca juga: Pernikahan Putri Tanjung Jadi Pengingat Annisa Pohan dan AHY untuk Selalu Luangkan Waktu dengan Anak

"Waktu kita sebel, ingat yang kita sukai, sehingga imbang. Itu tuntunan Nabi begitu. Kalau kamu melihat sesuatu yang tidak kamu sukai, pasti ada (hal lain) yang kamu sukai,” terangnya.

Terakhir, Wapres memberi pesan agar kedua mempelai dapat membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan warrahmah, serta memiliki rasa kasih sayang dan saling pengertian yang menjadi kunci sukses dalam berumahtangga.

“Ini bukan hanya untuk rumah tangga, tetapi juga dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, kalau ada saling mencintai, saling menyayangi, saling pengertian, pasti tidak akan (terjadi) konflik, pasti semua harmonis" katanya. 

Menutup nasihat pernikahannya untuk Putri dan Guinandra, Ma'ruf memanjatkan doa agar kedua pasangan suami istri baru ini senantiasa dalam lindungan dan keberkahan Allah SWT, serta menjadi keluarga yang harmonis dan sejahtera.

Pada acara yang berlangsung khidmat dan hangat dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat tersebut, ampak hadir Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai saksi mempelai wanita dan Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono selaku saksi dari pihak mempelai pria.

Baca juga: Hadiri Pernikahan Putri Tanjung dan Guinandra, AHY Teringat Momen Nikahi Annisa Pohan

Selain itu, turut hadir pula Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla, Wakil Presiden Ke-11 Boediono, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Lalu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat