androidvodic.com

Survei Charta Politika: Elektabilitas Gibran Rakabuming Teratas Untuk Pilkada Jawa Tengah - News

News, JAKARTA - Laporan Survei Jawa Tengah, Survei Preferensi Sosial dan Politik Masyarakat Tahun 2022 oleh lembaga survei Charta Politika Indonesia menyatakan elektabilitas Gibran Rakabuming Raka teratas untuk Pilkada Jawa Tengah jika pemilihan dilakukan hari ini.

Pertanyaan yang diajukan dalam survei tersebut yakni Seandainya pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah dilaksanakan hari ini siapakah yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih dari nama-nama di bawah ini?

Hasilnya, 28,5% responden memilih nama Gibran.

"Pada simulasi elektabilitas Pilkada Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka (28,5%) berada pada posisi teratas jika Pilkada dilaksanakan hari ini," kata Laporan Survei Jawa Tengah, Survei Preferensi Sosial dan Politik Masyarakat Tahun 2022 yang diterima pada Kamis (14/4/2022).

Selain Gibran, survei tersebut juga memotret elektabilitas sejumlah tokoh di antaranya Taj Yasin Maimoen yang berada di angka 11,3%, Hendrar Prihadi 6,0%, FX Hadi Rudyatmo 3,7%, Sudirman Said 3,6%, Achmad Husein 3,4%, Rustriningsih 2,2%, Komjen Condro Kirono 1,7% dan lainnya 2,7%.

Sementara itu, sebanyak 37,0% responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Baca juga: Soal Isu Gibran Didorong Maju Pilkada DKI Jakarta, Elite PDIP: Kebijakan Partai di Ibu Ketua Umum

Survei Preferensi Sosial dan Politik Masyarakat Provinsi Jawa Tengah tersebut dilakukan pada tanggal 14 sampai 19 Februari 2022.

Survei dilakukan dengan menggunakan multistage random sampling jumlah sampel di Provinsi Jawa Tengah terhadap sebanyak 1.090 responden. 

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat, dan margin of error +/- 2.97%

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat