androidvodic.com

Kementan Pastikan Stok dan Harga Bahan Pangan Pokok di Bengkulu Aman - News

News - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok dan harga bahan pangan pokok di Bengkulu jelang Idulfitri 1443 H dalam kondisi aman terkendali. Hal itu teramati setelah Tim Kementan turun langsung ke Provinsi Bengkulu pada Rabu (20/4/222).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta seluruh jajarannya saat Ramadan dan jelang Idulfitri 1443 H untuk memastikan ketersediaan stok pangan di pasaran. Hal itu untuk menjamin kebutuhan masyarakat tak terganggu sama sekali.

"Kami ingin memastikan bahwa kebutuhan bangan pokok masyarakat tak terganggu. Kami ingin memastikan bahwa ketersediaan pangan tak boleh berkurang. Pangan adalah hal krusial yang harus terus tersedia," kata Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil menambahkan, pangan merupakan kebutuhan yang keberadaannya tak boleh terganggu sedikit pun. Itu sebabnya, segala program yang dijalankan oleh Ditjen PSP dikatakan Ali, salah satunya bermuara pada peningkatan produktivitas san pemenuhan kebutuhan pangan.

"Dalam situasi apapun, kebutuhan pangan tak boleh terganggu, apalagi saat penting seperti moment Ramadan dan jelang Idul fitri saat ini. Pasokannya harus tetap aman dan terkendali agar tak terjadi kepanikan di masyarakat," kata Ali.

Ali menjamin kebutuhan pangan terpenuhi dengan baik. Itu sebabnya, Ali meminta masyarakat tak panik dan melakukan aksi panic buying dengan memborong secara berlebihan kebutuhan pangan. "Inshaallah kami jamin pasokan pangan dalam kondisi aman dan terkendali. Tentu pemenuhan kebutuhan pangan ini merupakan salah satu tujuan pembangunan pertanian kita," ujar Ali.

Direktur Irigasi Pertanian Ditjen PSP Kementan, Rahmanto memaparkan, ketersediaan dan harga bahan pangan utama seperti beras, jagung, telur ayam, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging ayam, gula pasir dan minyak goreng agar terus dipantau oleh seluruh stakeholder untuk menjamin ketersediaan pangan agar kebutuhan masyarakat aman.

"Hasil survei pasar bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dari Bank Indonesia Bengkulu di Pasar Panorama Kota Bengkulu bahwa ketersediaan stok 12 bahan pokok aman sampai Idulfitri, demikian juga dengan harga cukup stabil," ujar Rahmanto.

Terpantau harga pangan pokok harian di Pasar Panorama dalam kondisi stabil. Seperti beras Rp10.000/kg, jagung Rp5.800/kg, bawang merah Rp37.000/kg, bawang putih Rp30.000/kg, cabai besar Rp35.000/kg, cabai rawit Rp40.000/kg, daging sapi Rp130.000/kg, daging ayam Rp37.000/kg, telur ayam Rp22.000/kg, gula pasir Rp14.500/kg, minyak goreng Rp 24.800/liter serta kedelai Rp12.800/kg.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat