androidvodic.com

Sambangi Rumah Orangtua Sandiaga Uno Saat Lebaran, Tasjem: Nyari Rezeki, Buat Saya Pulang Kampung - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Seorang pemulung bernama Tasjem (45) sengaja mendatangi Jalan Galuh II Nomor 18, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (2/5/2022) saat Hari Raya Idulfitri 1443H.

Dia datang dari sebelum salat Ied di Masjid At-Taqwa tepatnya di depan rumah orangtua Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

Sambil memanggul karung berisikan sampah plastik, Tasjem bersama suaminya duduk sambil menunggu orang memberikan uang.

Wanita asal Indramayu, Jawa Barat ini mengaku mengemis agar bisa pulang kampung untuk menemui keempat anaknya yang masih sekolah itu.

"Nyari rezeki, buat saya pulang kampung. Siapa tau ada rezekinya, buat nambah nambah pulang ke kampung," kata Tasjem kepada News, Senin (1/5/2022).

Keinginannya untuk pulang kampung pada musim Lebaran tahun ini, setelah ia mendengar tangisan anak terakhirnya yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD).

"Kemaren dapet duit dari hasil ini (mulung) Rp700 ribu saya kirim ke kampung terus anak anak telepon pas malam takbiran, katanya 'mah enggak pulang? Sambil menangis. Saya nangis disitu," ungkapnya.

Baca juga: Sandiaga Uno Rayakan Lebaran dengan Keluarga: Senang Salat Ied Tanpa Pembatasan

Dia menceritakan keputusan merantau ke DKI Jakarta setelah kedua orangtuanya meninggal dunia saat dirinya masih duduk di kelas 2 SD.

Pada 1984, dia memutuskan dunia pendidikannya dan mencoba mengadu nasib dengan bekerja sebagai pembantu di Jakarta.

"Kerja jadi pembantu gaji saya sebulan dulu Rp250.000," ungkapnya.

Setelah itu, Tasjem mengaku diajak untuk bekerja di Warung Tegal (Warteg). Dia bekerja melayani pembeli dan mencuci piring.

Namun, akhirnya dia bertemu sang suami dan menikah. Setelah menikah dan mempunyai anak, nasib baik belum menghampiri mereka.

Akhirnya, mereka memutuskan untuk memulung sampah plastik yang nantinya dijual kembali.

"Kadang dapat penghasilan Rp120 ribu, kadang Rp100 ribu, saya nyari sama suami saya, yang penting dapet duit, buat makan," ungkapnya.

Baca juga: Sandiaga Uno Lebaran di Rumah Orangtua, Hanya Keluarga yang Bertamu

Setelah hampir lima jam lamanya, dia mendapatkan uang sebesar Rp150 ribu dari keluarga Sandiaga Uno.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat