androidvodic.com

Cegah Kemacetan di Arus Balik, Libur Sekolah Jabodetabek Diperpanjang hingga 12 Mei 2022 - News

News - Pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada 6, 7, dan 8 Mei 2022.

Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menambah 3 hari masa libur sekolah untuk menghindari kemacetan pada arus balik Lebaran 2022.

Perpanjangan libur sekolah ini ditujukan untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Sebelumnya, jadwal libur sekolah hanya sampai 8 Mei 2022 dan masuk pada 9 Mei 2022.

Baca juga: Libur Lebaran, Presiden Jokowi dan Para Cucunya Saat Menengok Satwa di Kebun Binatang Bali

Sementara itu, Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbud Ristek, Anang Ristanto menjelaskan koordinasi bersama ini ditindak lanjuti dengan memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022.

Terkait perpanjangan libur sekolah ini, pihaknya pun juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemprov DKI, Jabar dan Banten.

Anang menjelaskan, Pemerintah provinsi terkait juga telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupeten/kota di wilayah masing-masing.

"Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemerintah daerah untuk diterapkan sebagaimana mestinya," ujar Anang yang dikutip dari Kompas.TV.

Baca juga: Antisipasi Kemacetan Arus Balik, Siswa di Jabodetabek Diberi Libur Tambahan 3 Hari, hingga 12 Mei

Baca juga: Libur Lebaran, BIN Sediakan Gerai Vaksinasi Bagi Wisatawan di Yogyakarta

Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran 2022 Menuju JABOTABEK

Jasa Marga memprediksi puncak arus balik lebaran 2022 menuju Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi) jatuh pada H+5 atau pada hari Minggu, 8 Mei 2022.

Sementara prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek pada hari tersebut adalah sebanyak 269.444 kendaraan.

Mengutip dari Instagram @official.jasamarga, angka prediksi tersebut merupakan kumulatif lalin yang diperkirakan menuju Jabotabek di beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama di antaranya, GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Cikupa (arah Merak) dan GT Ciawi (arah Puncak).

Adapun kendaraan yang akan kembali menuju Jabotabek dari arah timur (Trans Jawa dan Bandung) diprediksi sebesar 64,4%.

Kemudian kendaraan dari arah barat (Merak) diprediksi sebesar 21,35%.

Lalu kendaraan dari arah timur diprediksi sebesar 14,02 %.

Adapun peningkatan lalu lintas juga diprediksi terjadi pada Jumat-Sabtu, 6-7 Mei 2022 dengan peningkatan kendaraan yang tidak jauh dengan puncak arus balik di 8 Mei 2022.

Oleh karena itu, untuk menghindari kemacetan, Jasa Marga menghimbau agar pemudik mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek sebelum 6-8 Mei 2022.

(News/Farrah Putri) (Kompas.TV/Johannes Mangihot)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat