androidvodic.com

21 Kasus Diduga Hepatitis Akut Ditemukan di Jakarta, Ada 5 Pasien Meninggal Dunia di 3 Provinsi - News

News - Sebanyak 21 kasus diduga hepatitis akut ditemukan di wilayah DKI Jakarta.

Sebanyak lima pasien meninggal di tiga provinsi termasuk di ibu kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, terdapat 21 kasus dugaan hepatitis akut misterius di Jakarta hingga Rabu, (11/5/2022).

"Data sementara ada 21 kasus yang diduga terkait hepatitis akut, meski demikian ini masih dalam proses penyelidikan epidemiolog," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Mengutip Kompas.com, Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan, 5 pasien meninggal dunia dilaporkan di DKI Jakarta, Jawa Timur dan Sumatra Barat.

Sementara itu, pasien lainnya masih dalam perawatan.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memaparkan cara mencegah hepatitis akut, salah satuya dengan menjaga kebersihan diri.

"Virus ini menularnya lewat asupan makanan yang lewat mulut, jadi kalau bisa rajin cuci tangan saja supaya kita pastikan yang masuk ke anak-anak kita, kan ini menyerang banyak di bawah 16 tahun lebih banyak lagi di bawah 5 tahun, itu bersih," ujar Menkes dalam keterangan pers usai mengikuti rapat yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (09/05/2022), dikutip dari setkab.go.id.

Baca juga: Dinkes Pastikan Belum Ada Kasus Hepatitis Akut di Jabar, tapi akan Tetap Waspada

Gejala Awal Penyakit Hepatitis Akut

- Mual

- Muntah

- Sakit perut

- Diare

- Kadang disertai demam ringan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat