androidvodic.com

Gelar Apel Pengamanan May Day Fiesta 2022, Aparat Tidak Diizinkan Membawa Senjata Api - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti 

News, JAKARTA - Aparat keamanan dari unsur TNI dan Polri tidak diizinkan membawa senjata api (senpi) dalam pengamanan pesta May Day Fiesta 2022 yang dilakukan sejumlah elemen buruh.

Hal ini dikatakan Wakapolres Jakpus AKBP Setyo Koes Heriyanto saat memimpin apel gelar pasukan pengamanan di Gedung MPR/DPR, Jakarta Pusat, Sabtu (14/5/2022).

"Saya ulangi sekali lagi tidak ada pasukan yang menggunakan senjata api. Saya minta rekan-rekan dari Polisi Militer maupun Provos Polri silakan melakukan pengecekan," kata Setyo.

Setyo meminta agar pengamanan yang dilakukan secara humanis. 

"Tugas kita sampai pukul 12.00 WIB karena nanti maksimal pukul 12.00 WIB mereka akan kembali ke GBK, long march lagi berlawanan arah menuju ke GBK," jelasnya.

Sebelumnya, Sebanyak 5.260 personel gabungan dari TNI, Polri dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta disiagakan untuk amankan jalannya puncak Hari Buruh Internasional, Sabtu (14/5/2022).

Kegiatan puncak hari buruh itu mengusung nama May Day Fiesta 2022 yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

"Untuk kegiatan pengamanan sendiri dari Polda Metro Jaya akan menurunkan kekuatan 5.260 personel pengamanan termasuk juga ada bantuan dari instansi terkait termasuk dari TNI juga," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat (13/5/2022).

Baca juga: 10 Ribu Buruh Akan Unjuk Rasa di DPR Sebelum Berpesta di May Day Fiesta 2022 di GBK

Dalam hal ini, Zulpan menyebut rencananya akan dihadiri sekira 60 ribu buruh yang akan hadir dalam kegiatan tersebut.

Peserta kegiatan itu disebut bukan hanya dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Melainkan peserta akan datang dari luar dari Jabodetabek.

"Oleh sebab itu kami mengimbau kepada masyarakat, agar kiranya besok mulai pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB, kiranya bisa menghindari kawasan GBK karena dikhawatirkan nanti karena banyaknya kegiatan di situ kemudian banyaknya kendaraan yang disiapkan oleh peserta," ucapnya.

May Day Fiesta sendiri digelar Partai Buruh bersama empat konfederasi Serikat buruh yaitu KSPI, KSPSI, Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).

Hal ini juga mempertegas atas isu miring yang menyebut acara May Day Fiesta batal karena tak bisa menggunakan stadion Gelora Bung Karno.

May Day Fiesta akan ada 60.000 buruh yang berkumpul di depan Gedung DPR pukul 09.30-12.00 WIB. Kemudian akan long march bergerak ke Stadion GBK.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat