androidvodic.com

Berikut Upaya Orangtua Untuk Persiapan PTM di Tengah Fenomena Hepatitis Misterius - News

Laporan Wartawan News Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan oleh orangtua pada anak yang akan pembelajaran tatap muka (PTM).

Terutama di tengah kasus hepatitis akut yang belum jelas penyebabnya.

Tentu upaya pencegahan tetap menjadi tips utama. Selain itu apa pun jenis penyakit menular, kebersihan diri dan lingkungan, menjadi hal yang utama dan sangat penting.

Pertama bukan hanya menyangkut cuci tangan, makanan  dan minuman saja. Tapi juga masalah udara berupa ventilasi dan sirkulasi. 

Kedua mengingatkan untuk tidak menyentuh permukaan benda di luar rumah. Atau bisa juga permukaan tanah di rumah. Ini menjadi hal yang sangat penting, karena anak kerap bermain di atasnya.

"Artinya kebersihan dari bagian rumah, tempat beraktivitas dan sekolah menjadi utama untuk dibersihkan," kata Pakar Epidemiologi Dicky Budiman pada Tribunnews, Minggu (15/5/2022).

Ketiga, selain dari sisi upaya pencegahan, pastikan anak-anak ke sekolah sudah diberikan literasi memakai masker. Lalu kebiasaan mencuci tangan setelah menyentuh barang-barang.

Baca juga: Hepatitis Akut Misterius Kemungkinan Bagian dari Long Covid-19, Ini Kata Pakar Epidemiologi Soal Itu

Keempat, termasuk membawa bekal dari rumah menjadi sangat baik untuk meminimalisir pajanan. Karena adanya sharing konsumsi makanan yang tidak bersih bisa menjadi berpotensi. 

"Dan tentu ini juga harus disertai dengan upaya yang sama dengan lingkungan anak berada. Tidak hanya di rumah. Tapi juga sekolah dan tempat bermainnya," tegasnya.

Dicky pun menyebutkan jika PTM bisa dilakukan dengan penguatan prokes sambil melihat dan mengamati perkembangan  karena situasi dinamis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat