androidvodic.com

59 CJH Aceh Tengah Ikuti Bimbingan Manasik Haji - News

News, TAKENGON - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) mulai menyelenggarakan bimbingan Manasik Haji.

Sebanyak 59 Calon Jamaah Haji (CJH) di Aceh Tengah mengikuti bimbingan manasik haji di Aula gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) kabupaten setempat, Senin (23/5/2022).

Selama enam hari, kegiatan ini akan dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan keberangkatan dan meningkatkan pemahaman CJH tentang proses pelaksanaan Ibadah Haji 1443 H/ 2022 M.

Sebanyak 59 Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Aceh Tengah akan mengikuti Kegiatan manasik sejak tanggal 23 hinnga 28 Mei 2022, dengan rincian 4 hari di tingkat Kecamatan dan 2 hari di tingkat Kabupaten.

Bimbingan Manasik Haji dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan keberangkatan dan meningkatkan pemahaman CJH tentang proses pelaksanaan Ibadah Haji 1443 H/ 2022 M.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Aceh Tengah H. Saidi B, S.Ag, MA membuka secara resmi kegiatan tersebut. Saidi menyampaikan selamat kepada calon jamaah haji tahun 1443 H / 2022,  karena tahun ini telah terpanggil untuk melaksanakan Ibadah Haji.

Saidi menyakini bahwa jamaah yang tertunda keberangkatannya dalam dua tahun terakhir itu telah mempelajari sejak awal materi dalam manasik haji, karena sebelumnya telah dilaksanakan secara mandiri.

Saidi berharap calon jamaah harus kembali fokus mengikuti program manasik haji ini. karena dengan pemahaman yang komprehensif tentang tata cara pelaksanaannya, maka ibadah haji yang dilakukan akan menjadi benar dan sah.

Baca juga: Menteri Agama Ingatkan Suhu di Arab Saudi Bisa Mencapai 50 Derajat Celcius Saat Pelaksanaan Haji

Baca juga: Menteri Agama: Kantor Kesehatan Haji Indonesia di Madinah Siap Layani Jemaah

“Kegiatan pembinaan manasik haji menjadi penting, karena diterimanya atau tidaknya ibadah haji tergantung dari seberapa jauh pemahaman tentang tata cara pelaksanaannya. Kita harus mengenal rukun, sunah dan perbuatan yang diharamkan selama menunaikan ibadah haji, sehingga setelah selesai melaksanakan ibadah haji, kita akan menjadi haji yang mabrur,” jelasnya.

 Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Drs. Alwin melaporkan kepada 59 calon jamaah asal Aceh Tengah telah siap diberangkatkan. Verifikasi dokumen ke 59 jamaah telah diterima ditingkat provinsi. 

“Calon haji tersebut sudah siap diberangkatkan. Semua dokumen visa keberangkatan seperti paspor, poto, vaksin juga sudah siap, koper jamaah juga telah tiba, sementara pemeriksaan kesehatan dan vaksin miningitis tinggal menunggu jadwal dari dinas kesehatan," kata Alwin.

Alwin menambahkan, walau demikian penyelenggara di daerah masih menunggu informasi penyusunan kloter keberangkatan serta manifest jamaah.

Dari 59 calon jamaah haji asal Aceh Tengah, 20 diantaranya adalah laki-laki serta 39 lainnya merupakan perempuan. Sementara usia termuda untuk musim haji tahun ini bernama Ilham Ramadhan calon jamaah asal kecamatan Kebayakan dengan usia 22 tahun.(*)

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Siap Berangkat, 59 CJH Aceh Tengah Ikuti Bimbingan Manasik Haji 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat