androidvodic.com

ISKA: Pancasila Barometer Meningkatkan Martabat dan Kesetaraan Manusia - News

News, JAKARTA - Ketua Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) 2017 - 2022, Hargo Mandirahardjo mengatakan, sebagai ideologi bangsa dan dasar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Pancasila mengandung nilai-nilai kemanusiaan, kebhinekaan, kesetaraan.

Tak hanya itu, Pancasila juga menghadirkan wajah Indonesia yang demokratis.

"Yang memberi ruang yang luas dan merdeka bagi setiap anak bangsa untuk turut merawat komitmen kebangsaan, dan terus memelihara solidaritas tanpa batas-batas etnis, ras, agama," kata Hargo dalam keterangannya, Rabu (1/6/2022).

Baca juga: Ketua Umum Baru, Luky Yusgiantoro:  Kesejahteraan dan Kemanusiaan, Tema Besar ISKA 4 Tahun ke Depan

Hargo juga menekankan bahwa Pancasila semakin diterima sebagai landasan dasar bangsa yang teguh. Yang menerima segenap perbedaan elemen bangsa sebagai kekayaan Indonesia yang indah dan membanggakan di Tanah Air mau pun di dunia Internasional.

"Dua tahun terakhir, saat pandemi Covid-19 menghantam kehidupan di seluruh penjuru bumi, kita menyaksikan secara nyata betapa nilai-nilai gotong-royong berkembang luas, meneguhkan kembali harapan hidup yang merosot ke titik nadir oleh pandemi," terang Hargo.

Ia menyebut, berbagai elemen bangsa yang terpanggil sebagai relawan mendedikasikan sebulat hati komitmen  membantu sesama.

Ini, menurutnya, adalah buah-buah terbaik yang nyata dihasilkan oleh Pancasila.

"Maka sudah sepatutnya, kita semua menjunjung dengan hormat  Pancasila sebagai tonggak dan arah dasar jalan Indonesia sebagai bangsa," jelasnya.

Baca juga: Hari Pancasila, Momentum Bangun Peradaban di Bidang Moral

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Presidium Pusat ISKA 2022 - 2026, Luky Yusgiantoro mengatakan, ideologi Pancasila dan praktek pengamalannya harus terus diwariskan kepada setiap  warga negara dari generasi ke generasi.

"Mereka perlu memahami Pancasila sebagai filosofi dan nilai-nilai terpenting dasar bernegara dan berbangsa kita," ucap Luky.

Luky menambahkan, salah satu poin fundamental yang dapat dipetik dari kekayaan dasar negara adalah menempatkan harkat dan martabat manusia dalam kesetaraan yang kokoh.

"Hanya melalui penghargaan seperti itulah, Pancasila akan lebih mudah diterapkan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," kata Luky.

Dr. Luky Yusgiantoro, Ketua Umum baru  Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (2022 - 2026 ) pada MUNAS ISKA di Denpasar, 26 - 29 Mei 2022
Dr. Luky Yusgiantoro, Ketua Umum baru Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (2022 - 2026 ) pada MUNAS ISKA di Denpasar, 26 - 29 Mei 2022 (Istimewa)

Bersama kebangkitan seluruh tanah air dari pandemi, Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) memandang bahwa inilah saat yang tepat menegaskan kembali Pancasila sebagai inspirasi pembangunan martabat manusia, menghormati kesetaraan dalam diversitas, serta terus menyuburkan spirit solidaritas tanpa sekat.

Dari sila pertama, ISKA berpendapat, kebebasan beragama dan beribadah adalah  hal mendasar dalam membangun  harkat dan martabat manusia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat