androidvodic.com

Pengamat: NasDem Kepincut Kinerja Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyambangi Kantor DPP Partai NasDem di kawasan Menteng, Jakarta Pusat

Momen tersebut dinilai sebagai bentuk penjajakan antar-parpol jelang Pilpres 2024.

"Saya kira silaturahmi Prabowo ke NasDem untuk membangun poros politik dalam Pilpres 2024. Silaturahmi ini setidaknya untuk saling memahami visi dan power sharing kekuasaan jika mereka gabung dalam satu poros politik," ujar Pengamat Politik Arif Nurul Imam saat dihubungi, Rabu (1/6/2022).

Salah satu yang melandasi pertemuan tersebut, dikatakan Arif, bisa jadi karena kinerja Prabowo yang moncer sebagai Menteri Pertahanan atau Menhan sehingga membuat NasDem kepincut.

"Kinerja Menhan Prabowo relatif bagus, sehingga boleh jadi menjadi daya tarik NasDem untuk berkoalisi, selain memang elektabilitas Prabowo juga tinggi," ujar Arif.

Soal cocok atau tidaknya poros koalisi yang akan dibentuk NasDem dan Gerindra, Arif memandang sedikitnya ada tiga indikator.

"Saya kira cocok atau tidak bergantung visi, probabilitas kemenangan dan power sharing. Dilihat dari tiga indikator ini, mereka bisa kerja sama membangun poros politik," tuturnya.

"Jika mengusung Prabowo dan cawapres yang memiliki basis massa kuat potensi kemenangan masih terbuka," imbuhnya.

Baca juga: Bertemu Surya Paloh Buka Peluang Koalisi 2024? Berikut Jawaban Prabowo

Lantas, jika terjalin koalisi Gerindra dengan PDIP yang selama ini digadang-gadang, masih NasDem menurut Arif masih mungkin masuk dalam poros koalisi yang sama.

"Meski memang, saat ini disinyalir ada perang dingin antara NasDem dan PDIP. Mereka tentu akan melakukan power sharing," kata Arif.

Sebelumnya, Prabowo pada Rabu siang menghadiri undangan makan siang dari Surya Paloh di kantor DPP NasDem. Kepada wartawan, Prabowo mengatakan tak ada agenda khusus dalam pertemuan tersebut. Menurutnya, ia hanya diundang kawan lama untuk makan siang.

"Tidak ada agenda khusus, saya diundang kawan saya. Ya saya datang, makan siang," kata Prabowo.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat