androidvodic.com

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KLHK Gandeng Komunitas Bike to Work - News

News, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkolaborasi dengan Komunitas Bike to Work (B2W), Komunitas bersepeda lainnya melakukan kegiatan sepeda bersama di seluruh Indonesia yang berlangsung Minggu (5/6/2022).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022.

Di Jakarta, Kegiatan bersepeda bersama ini dimulai dari 2 lokasi start yaitu di Balai Kota DKI Jakarta dan dari Kota Tangerang Selatan, menuju finish di Gedung Manggala Wanabahkti.

Jarak tempuh dari Balaikota DKI Jakarta kurang lebih 8,5 km.

Dari Kota Tangerang Selatan menuju titik akhir di Gedung Manggala Wanabhakti berjarak kurang lebih 22 km.

Baca juga: KLHK Sebut Angka Pengurangan Sampah hingga 2025 Telah Mencapai 17 Persen

Peserta kegiatan bersepada ini lebih dari seribu orang yang merupakan anggota komunitas bersepeda dan masyarakat pecinta sepeda untuk aktivitasnya sehari-hari maupun bersepeda untuk olah raga.

“Tujuan kegiatan adalah mengajak dan mendorong partisipasi semua pihak dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan memasyarakatkan penggunaan sepeda sebagai alat transportasi dalam kegiatan sehari hari yang ramah lingkungan,” ujar Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Sigit Reliantoro yang ikut dalam acara sepeda bersama ini.

Sigit Reliantoro mengatakan, sejalan dengan tema hari lingkungan Hidup Sedunia 2022 “Only One Earth” atau “Satu Bumi untuk Masa Depan”, berharap tumbuhnya kesadaran kita semua agar lebih memperhatikan dan merawat lingkungan.

Memperhatikan dan merawat bumi tempat kita berada agar lestari. Salah satu caranya adalah menjaga udara agar lebih bersih.

“Bersepeda sebagai alat transportasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh kita semua, untuk berpartisipasi dalam upaya hemat energi, mengurangi pencemaran udara, memperbaiki kualitas udara, dan menjaga kesehatan. Harapannya adalah hidup sehat di lingkungan yang sehat,” katanya.

Baca juga: Sering Dianggap Sepele Para Bikers, Inilah Fungsi Tersembunyi Sarung Tangan

Sigit mengatakan, beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Lingkungan Sedunia 2022 sudah dilakukan, seperti bersih-bersih Sungai Ciliwung pada Jumat (3/6/2022).

“Hari ini membudayakan bersepeda dengan Komunitas Bike to Work. Yang namanya lingkungan itu adalah gerakan sosial dan gerakan masyarakat sehingga efeknya bisa cepat dirasakan oleh semua,” katanya.

"Untuk kualitas udara di kota-kota besar kita sarankan kurangi kendaraan pribadi dan menggunakan kendaraan umum dan juga sepeda. Kita menghimbau kepada kepala daerah untuk menyediakan jalur khusus sepeda dan juga pedestrian yang bagus untuk orang jalan,” ujarnya sambil menambahkan pihaknya turut mendorong pemerintah untuk penggunaan mobil listrik yang ramah lingkungan.

Selain itu, kata Sigit, kita dorong generasi muda untuk menjadi bagian dari gerakan lingkungan. Kita sudah mengajak untuk mulai peduli pada lingkungan dan menjadi campion untuk program mendatang.

“Mulai dari diri sendiri, mislanya naik sepeda, milah sampah, tidak membuang sampah di sungai dan sebagainya ini akan memberi sumbangan besar dalam perbaikan lingkungan hidup,” ujar Sigit.

Dijelaskan, dalam kaitan ini telah mengirim Surat Edaran KLHK kepada seluruh kepala daerah, baik gubernur, bupati, walikota serta para kepala dinas lingkungan hidup di suruh Indonesia untuk menggerakkan acara sepeda bersama memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022.

Fokus “Living Sustainably in Harmony with Nature”

Sementara dalam sambutan tertulis, Menteri LHK, Siti Nurbaya mengatakan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) ditetapkan oleh Majelis Umum PBB dari peristiwa Konferensi Stockholm, Swedia pada 5-6 Juni 1972 dengan tema “Only One Earth”.

Pada 1974, Hari Lingkungan Hidup sedunia pertama kali diperingati. Dan pada 2022 ini, kembali diperingati dengan tema “Only One Earth”, dan fokus Living Sustainably in Harmony with Nature.

Tahun ini berlangsung pertemuan internasional Stockholm+50 di Swedia yang mengundang Kepala Negara dan Menteri Lingkungan Hidup sedunia, mengembalikan semangat Stockholm dan refleksi relevansi pada kondisi sekarang dan pada muatan pada berbagai perjanjian multilateral internasional.

Siti Nurbaya menegaskan, Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk terus memperbaiki dalam perilaku adil terhadap lingkungan.

“Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif. Tidak lain, dalam satu arah sejalan dengan tujuan nasional dan cita-cita bangsa,” ujarnya.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat