androidvodic.com

Bahaya Galon BPA Tak Terbantahkan Ada, Para Ahli Minta Regulasi Pelabelan Segera Disahkan - News

News – Kekhawatiran kalangan ahli akan potensi bahaya Bisfenol A (BPA)–bahan kimia penyusun plastik yang dapat menyebabkan kanker dan kemandulan–pada galon polikarbonat kian meningkat.

Hasil penelitian dan riset mutakhir di berbagai negara “semakin menguatkan bukti-bukti ilmiah tentang ancaman BPA” pada wadah minuman dan makanan, termasuk produk air minum dalam kemasan (AMDK).

Kalangan ahli menilai, pengesahan rancangan kebijakan pelabelan BPA pada galon guna ulang merupakan langkah tepat yang harus segera direalisasikan. Hal ini merupakan bentuk komitmen bersama dalam menjaga kesehatan publik dan mengedukasi masyarakat.

Baca juga: Cleo Minta Pengusaha AMDK Kreatif dan Inovatif dalam Hadapi Rencana Pelabelan BPA

Ahli epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia Pandu Riono mengatakan, risiko BPA pada kesehatan publik luas memerlukan kolaborasi kompak antara pemerintah dan ilmuwan dalam mengedukasi masyarakat.

Pandu Riono mengimbau pelaku industri untuk memilih wadah yang lebih aman demi kesehatan dan keamanan masyarakat.

“Keselamatan publik seharusnya menjadi prioritas semua pihak. Karena itu, industri sebaiknya memilih wadah yang lebih aman," ujar Pandu dalam sebuah sarasehan di Jakarta, Selasa (7/6/2022) lalu.

Sependapat dengan Pandu, Guru Besar Bidang Pemrosesan Pangan Departemen Teknik Kimia Universitas Diponegoro, Prof. Andri Cahyo Kumoro berpendapat bahwa pelabelan BPA pada kemasan galon guna ulang adalah pilihan tepat untuk mendidik masyarakat, mengingat masih banyak yang belum mengetahui bahaya paparan BPA.

Terlebih, Andri mengungkapkan, di Indonesia produsen juga kerap mengangkut air galon dengan seenaknya; galon kerap terpapar sinar matahari langsung, terguncang-guncang, yang menyebabkan BPA terlepas dengan cepat.

"Ini sangat berpotensi menjadikan BPA terlepas dengan cepat. Saran saya produsen beralih ke kemasan yang lebih aman, yang bebas BPA," katanya menyoroti produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang abai menjaga mutu dan kualitas air kemasan hingga sampai ke tangan konsumen.

Dekan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Prof. Junaidi Khotib juga turut mendesak pemerintah untuk segera mengesahkan kebijakan pelabelan BPA agar masyarakat tidak terus-menerus terpapar potensi bahayanya.

"BPOM bisa memperkecil peluang paparan risiko BPA melalui pemberian label pada kemasan makanan dan minuman. Itu bagian dari edukasi publik sekaligus bentuk perlindungan untuk masa depan anak-anak Indonesia," jelasnya.

Dukungan industri dan asosiasi

Selain dari kalangan ahli, dukungan terhadap rencana regulasi BPA yang dicanangkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga datang dari sejumlah pelaku industri dan asosiasi.

Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (Aspadin), Sofyan S. Panjaitan, berpendapat semua pihak perlu mendukung BPOM dalam menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai otoritas keamanan pangan tertinggi di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat