androidvodic.com

Jadi Khatib di Masjid Agung Al Azhar, Lukman Hakim: Perlunya Kedepankan Ajaran Agama yang Moderat - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Mantan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menegaskan pentingnya mengedepankan keilmuan agama yang moderat atau tidak melebihi batas.

Hal itu disampaikan Lukman saat dirinya bertindak sebagai Khotib dalam pelaksanaan Ibadah salat Idul Adha 1444H di Masjid Agung Al Azhar, Minggu (10/7/2022).

"Beragama secara moderat dalam artian tidak berlebihan dan melampaui batas itu lebih difokuskan pada pembinaan umat beragama di ranah kehidupan publik," kata Lukman di atas mimbar Khotbah.

Pernyataan itu diutarakan Lukman karena dirinya melihat saat ini tantangan dalam hidup beragama, khususnya di Indonesia kian mengkhawatirkan.

Banyak manusia yang mengaku beragama kata dia, saat ini kerap kali menggunakan tafsir tanpa kaidah keilmuan, bahkan banyak dari mereka juga yang mengingkari nilai-nilai kemanusiaan.

Oleh karenanya, perlu diperhatikan cara pandang, sikap dan praktik beragama yang tentunya harus berdampak positif, tanpa harus berlebihan.

"Maka dalam menyikapi fenomena semua itu, kita perlu menjaga dan memelihara cara pandang, sikap, dan amalan keagamaan (praktik beragama) yang tidak berlebihan dan melampaui batas," beber dia.

Hal utama yang diperhatikan dalam memahami agama yang moderat kata dia, dengan membangun cara pandang, sikap, dan praktik beragama yang berdampak positif dalam kehidupan bersama.

Baca juga: Dalam Khotbah, Eks Menag Lukman Hakim Beberkan 3 Tantangan Beragama yang Terjadi di Indonesia 

Poin penting selanjutnya dalam beragama secara moderat yakni prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan bersama.

"Setiap umat beragama harus lebih memfokuskan diri pada pesan utama ajaran agama, yang inti pokok ajarannya adalah melindungi kemanusiaan dan membangun kemaslahatan bersama," tukas Lukman.

Sebelumnya, Mantan Menteri Agama RI (Menag) Lukman Hakim Saifuddin membeberkan setidaknya ada tiga poin tantangan kehidupan umat manusia dalam beragama khususnya di Indonesia yang merupakan negara majemuk.

Hal itu disampaikannya saat bertindak sebagai Khotib dalam pelaksanaan ibadah salat Idul Adha 1443H di Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan.

"Agama menasihatkan bahwa setiap manusia punya harkat, derajat, dan martabat yang harus senantiasa dilindungi dan dijunjung tinggi. Inti dan esensi pokok ajaran agama adalah memanusiakan manusia," kata Lukman Hakim dalam khotbah dengan tema 'Memanusiakan Manusia' di atas mimbar, Minggu (10/7/2022).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat