androidvodic.com

Sapi Simmental Kurban Presiden Jokowi Bakal Disembelih di Masjid Istiqlal Besok - News

Laporan Reporter News, Naufal Lanten

News, JAKARTA - Sapi Simmental yang diserahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Maruf Amin ke Masjid Istiqlal rencananya bakal disembelih pada Senin (11/7/2022) besok.

“Iya (sapi) Presiden (disembelih) di sini, besok,” kata Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (10/7/2022).

Ia menjelaskan, panitia kurban di Masjid Istiqlal akan menyembelih semua hewan kurban yang diserahkan pada hari Tasyrik.

Nasaruddin menegaskan pengelolaan hewan kurban di Masjid Istiqlal dilakukan secara transparan.

Dia menambahkan masjid besar itu masih menerima hewan kurban bagi masyarakat yang ingin menitip di sana.

“Kita masih berharap ini biasanya hari pertama, hari kedua itu ada yang menyerahkan. Tapi yang jelas itu semuanya akan disembelih pada hari Tasyrik,” ucapnya.

Nasaruddin Umar menambahkan bahwa selain sapi Presiden, Masjid Istiqlal juga menampung  hewan kurban lainnya berjumlah 32 ekor sapi dan 16 ekor kambing.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan secara simbolis sapi kurban berjenis Simental dengan bobot 1,2 ton miliknya ke Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Baca juga: Sapi Jokowi Curi Perhatian Pengunjung Masjid Istiqlal

Imam Besar Masjid Istiqlal mengatakan, sapi-sapi tersebut sudah punya sertifikat keterangan sehat.

“Kita memang agak ketat ya, pokoknya tidak boleh masuk binatang sebelum ada sertifikat bersihnya. Pokoknya itu,” kata Nasaruddin di Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu (10/7/2022). 

Ia menambahkan penyembelihan hewan kurban akan dilakukan di Masjid Istiqlal oleh pengelola sebatas karyawan seperti celaning service dan keamanan.

Adapun nantinya hewan kurban tersebut nantinya akan disalurkan ke masjid binaan yang sudah didata.

Sapi berjenis simental dengan bobot 1 ton dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) diserahkan ke Masjid Istiqlal
Sapi berjenis simental dengan bobot 1 ton dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) diserahkan ke Masjid Istiqlal (News/Taufik Ismail)

“Jadi disini ngga ada pembagian ngantri daging,  tapi kita berikan ke masjid yang memang pantas untuk mendapatkan hewan itu,” ucap Nasaruddin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat